Purwakarta (ANTARA) - Sebanyak 602 orang mendaftar sebagai bakal calon kepala desa pada pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 170 desa di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa setempat Jaya Pranolo, di Purwakarta, Selasa, mengatakan hingga ditutupnya masa pendaftaran bakal calon kepala desa, terdapat 602 orang yang mendaftar untuk bakal calon kepalda desa pada 170 desa yang akan menggelar Pilkades.

Dari 602 orang yang mendaftar bakal calon kades itu, ada 15 desa yang bakal calonnya lebih dari lima orang.

Selain itu, ada empat desa yang bakal calonnya hanya satu orang atau calon tunggal.

Jaya menjelaskan, untuk desa yang bakal calonnya lebih dari lima orang akan dilakukan seleksi hingga akhirnya diperoleh jumlah bakal calon lima orang.

Seleksi itu sendiri dilakukan dengan kerja sama kepada perguruan tinggi. Dengan begitu, pihak perguruan tinggi yang akan melakukan seleksi, untuk menjaring maksimal lima calon tersebut.

Sementara untuk empat desa yang bakal calonnya hanya satu orang atau calon tunggal, maka akan dilakukan perpanjangan tahap penjaringan bakal calon kades.

Sebanyak 170 desa itu akan melakukan pilkades serentak pada 25 Agustus 2021. Pada pilkades itu terdapat 1.204 tempat pemungutan suara. 

Baca juga: 62 desa di Probolinggo gelar pilkades serentak
Baca juga: Polda Lampung siap amankan 48 pilkades serentak di Kabupaten Pringsewu
Baca juga: 144 desa di Pemkab Serang akan gelar pilkades serentak

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021