Depok (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok Jawa Barat menyerahkan donasi sebesar Rp911.965.225 untuk Palestina yang diserahkan melalui Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok.

"Mudah-mudahan dengan dana yang kita berikan, bisa diterima dan bermanfaat bagi warga Palestina, terutama dalam memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Misalnya untuk pemenuhan air bersihnya, bahan pokok, dan lainnya, itu yang kita utamakan," kata Kepala Disdik Kota Depok, Mohamad Thamrin dalam keterangannya, Selasa.

Thamrin mengatakan donasi berasal dari Taman Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang jumlahnya kurang lebih 1.000 lembaga. Lalu, Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) baik negeri maupun swasta yang berjumlah sekitar 620 sekolah.

Selain itu juga lembaga kursus, dan lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), ada sekitar 50 lembaga. Seluruh lembaga ini menjadi satu di bawah naungan keluarga besar Dinas Pendidikan.

Baca juga: Puluhan jurnalis Palestina akui diblokir akun WhatsApp-nya

Baca juga: Human Initiative salurkan bantuan kemanusiaan di Jalur Gaza Palestina


Thamrin menjelaskan tenaga pendidik dan kependidikan Kota Depok menyambut antusias dengan adanya donasi kemanusiaan untuk Palestina. Tidak hanya guru, tetapi juga pegawai Tata Usaha (TU), pengawas, penilik, operator sekolah, hingga pustakawan sekolah.

Sementara itu Koordinator Aksi Kemanusiaan untuk Palestina, MUI Kota Depok, Khairulloh Ahyari, mengatakan hingga saat ini dana yang telah terkumpul secara keseluruhan mencapai sekitar Rp1,3 miliar. Dana tersebut nantinya akan disalurkan melalui Adara Relief International.

"Kita berharap ini bisa meringankan beban perjuangan teman-teman di Palestina. Selain itu, juga melatih kita dalam hal kepedulian kepada sesama. Mudah-mudahan Palestina dapat segera merdeka," ujarnya.*

Baca juga: Dubes Palestina sampaikan terima kasih Indonesia bantu pembangunan RS

Baca juga: MUI serahkan Rp19,3 miliar untuk pembangunan rumah sakit di Palestina

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021