Jakarta (ANTARA News) - Kelompok bisnis jurnalisme infotainmen Bintang Grup, yang selama ini terkenal melalui Cek&Ricek (C&R) dan Halo Selebritis, di hari ulang tahun (HUT) ke-13 mengeluarkan empat produk baru, yakni klinik kesehatan Bamed, Helmy Yahya Broadcating Academy, www.cekricek.co.id, serta OMG di Yahoo!

"Alhamdulillah di ulang tahun program Cek&Ricek ke-13, dan usia tabloidnya 12 tahun ini kami tetap eksis di dunia jurnalistik. Kini ada dua produk baru yang merambah dunia Internet, satu kegiatan bisnis menyiapkan insan penyiaran, serta klinik kesehatan bagi masyarakat umum," ujar Presiden Direktur Bintang Grup, H. Ilham Bintang, di Jakarta, Selasa.

Ilham, yang mengawali karir sebagai wartawan harian Angkatan Bersenjata pada 1975, mengemukakan bahwa pengembangan produk jurnalisme infotainmen di Internet bukan untuk menggeser atau bahkan mematikan tabloid yang selama ini digeluti dan dikenal publik pembaca media cetak.

"Ini sesuai tuntutan zaman maupun keinginan pembaca Cek&Ricek yang ingin mendapatkan informasi jauh lebih aktual dibanding tabloid mingguan," kata Sekretaris Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat itu.

Produk www.cekricek.co.id dan merupakan versi online dari edisi cetak, sedangkan OMG Yahoo! wujud dari kinerja informasi seketika (realtime) dari tim kerja Cek&Ricek melalui jejaring Internet hasil kerja sama dengan pengelola database online Yahoo!

"Kalau di Helmy Yahya Broadcasting Academy pihak Cek&Ricek sebagai mitra utama. Kami memiliki komitmen yang sama dengan Helmy Yahya untuk menyiapkan sumber daya manusia yang profesional dalam dunia penyiaran," katanya.

Ilham Bintang mengemukakan, Cek&Ricek dibangun dari bisnis berskala kecil dengan ide besar. "Kami memulai dari satu garasi berukuran tiga kali empat meter. Awak redaksi kami dulu biasa bekerja di tengah kucing yang lalu lalang. Ide kami mengenai jurnalisme infotainmen besar karena dukungan publik," ujarnya menambahkan.

Ilham Bintang bersama keluarga besar Cek&Ricek memperingati ulang tahun kelompok media mereka sambil berbuka puasa bersama para tamu undangan, termasuk 250 anak yatim piatu dari dua yayasan di Jakarta.

Sejumlah tokoh tampak hadir dalam acara tersebut, antara lain pengacara OC Kaligis, Ketua Umum PWI Pusat yang juga anggota Dewan Pers, H. Margiono, artis Anwar Fuady, dan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Dadang Rakhmat, serta KH Anwar Sanusi yang memberikan taudziah jelang berbuka puasa.

Pewarta: Priyambodo RH
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010