Jakarta (ANTARA) - Legenda Liverpool FC Michael Owen mengaku pernah mengikuti marathon setelah pensiun dari karier sepak bolanya, dan mengaku kapok untuk kembali mengikuti ajang lari jarak jauh tersebut. 

"Ketika saya pensiun, saya memutuskan untuk menantang diri saya, dan saya ikut London Marathon, yang sangat sulit. Saya tidak yakin akan melakukannya lagi," ujar Owen dalam konferensi pers virtual Kop Run 2021, Selasa.

Kendati demikian, pria yang pernah membela tim nasional Inggris itu merasa perlu dan menyarankan untuk mencoba hal baru.

"Berusaha mencoba. Menurut saya, jika Anda mencapai sesuatu akan memberi Anda kepercayaan diri untuk ke next level. Jadi menurut saya, perlu untuk selalu berani mendorong diri Anda, dan selalu fokus pada hal yang positif," kata Owen.

Baca juga: Digelar virtual, Kop Run 2021 ajak masyarakat tetap bugar saat pandemi 

Sebagai langkah awal, Owen mengatakan ajang lari bisa menjadi opsi lain dari marathon.

"Sebab Anda dapat melakukannya dengan waktu Anda sendiri, dan melakukannya sesuai dengan jarak yang diinginkan. Lebih mudah dari yang saya lakukan," ujar mantan pesepak bola yang kini menjadi pandit itu. 

Saat berlari, Owen memberi saran untuk memulainya secara bertahap dengan mengambil target jarak pendek terlebih dahulu.

"Jangan melakukan terlalu banyak terlalu cepat... Mulai dari yang kecil, pastikan Anda merasa baik, jika iya, lakukan lagi, dan secara bertahap tingkatkan jarak Anda," tutur Owen. 

Baca juga: Ajang lari berkonsep "hybrid" di Indonesia siap digelar Oktober 
Baca juga: New York Marathon kembali digelar November 
Baca juga: London Marathon virtual 2021 diproyeksikan diikuti 100.000 pelari 

 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021