Bogor (ANTARA News) - Paduan Suara Mahasiswa Institut Pertanian (IPB) Agria Swara meraih prestasi internasional dalam lomba di Bandung, dengan meraih dua medali emas pada kategori "Mixed Choirs-Free Program" dan "Male Choir"

Juru Bicara IPB Ir Henny Windarti di Bogor, Selasa menjelaskan, pada ajang lomba paduan suara tingkat internasional "The 1 st ITB International Choir Competition" yang berlangsung 29 Juli hingga 1 Agustus 2010 itu, grup vokal yang terdiri atas 50 orang mahasiswa IPB ini juga meraih penghargaan khusus sebagai "Outstanding Program".

Sementara itu, kata dia, untuk "Grand Champion" dengan hadiah sebesar 5.000 dolar Amerika Serikat (AS) diraih oleh paduan suara asal Filipina yang mendapatkan skor tertinggi.

Capaian peserta dari Filipina itu, diakui lebih baik oleh konduktor Paduan Suara Mahasiswa Agria Swara IPB Arvin Zeinullah.

"Paduan suara dari Filipina lebih maju. Saya harus mengakui bahwa paduan suara Filipina memiliki teknik menyanyi yang lebih baik dari Indonesia," katanya.

Sedangkan anggota Presidium Paduan Suara Mahasiswa IPB Agria Swara Yuliana menambahkan, prestasi yang diperoleh tersebut tidak terlepas dari doa dan dukungan berbagai pihak, mulai dari Rektorat IPB, civitas akademika IPB, orang tua, dan semua pihak yang terkait.

"Untuk itu pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan doa dan dukungan pada kompetisi ini," katanya.

Pihaknya juga berharap, ke depannya Paduan Suara Mahasiswa IPB Agria Swara akan terus mengukir prestasi yang gemilang baik pada kompetisi di dalam negeri maupun luar negeri.

Sementara itu, menurut Henny Windarti, prestasi dunia juga pernah diukir Paduan Suara Mahasiswa IPB Agria Swara pada kompetisi paduan suara internasional yang berlangsung simultan di dua kota Italia, Rimini dan Rival Del Garda, pada pertengahan Oktober tahun 2009.

Ia menjelaskan, Agria Swara meraih medali emas dari Presiden Italia setelah merebut juara satu umum dalam grand final Kompetisi Paduan Suara Internasional ke-3 di kota Rimini, kota wisata pantai sekitar 350 km dari Roma.

Selain itu, Agria Swara juga meraih medali emas kategori campuran (mixed choir), dan juga menyabet juara dua kategori pria (male choir) setelah menyisihkan 17 kontingen paduan suara dari 13 negara, di antaranya, Inggris, Rusia, Italia, Polandia, Ukraina dan Venezuella.(*)
(A035/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010