New York, Kota Terparah Diserang Kepinding

New York, Kota Terparah Diserang Kepinding

Philadelphia (ANTARA News) - New York menghadapi makin banyak tamu malam yang tak diundang dibandingkan daerah kota lain, dan telah dinyatakan sebagai kota yang paling parah diserbu kepinding di Amerika Serkat (AS).

Kota itu mengalahkan Philadelphia, Detroit, Cincinnati dan Chicago, yang mengisi posisi lima teratas, demikian catatan perusahaan pembasmi serangga Terminix --yang mengumpulkan daftar tersebut berdasarkan volume telepon ke kantornya di seluruh negeri itu sepanjang tahun ini.

"Pada waktu lalu, semua kantor mungkin menerima dua telepon untuk meminta pemusnahan kepinding," kata jurubicara Terminix, Clint Bricoe. "Sekarang, sebagian kanti kami menerima beberapa puluh telepon per pekan," ujarnya. seperti dikutip Reuters Life!

Perusahaan itu menduga perjalanan internasional sebagai penyebab kembalinya kepinding 60 tahun setelah hewan penghisap darah tersebut diduga telah dimusnahkan di AS.

Tapi, katanya, kemunculan kota yang lebih kecil di dalam daftarnya memperlihatkan hewan tersebut --yang hidup di furnitur, pakaian dan tas-- menancapkan cengkeramannya di jantung negara AS.

"Berbagai kota seperti Dayton dan Louisville menghadapi masalah kepinding. Itu bukti bahwa kepinding kembali dan dapat muncul di mana saja," kata Paul Curtis, ahli entomologi buat perusahaan itu. Ia merujuk kepada No.8 dan No.13 di daftar perusahaannya.

Briscoe mengatakan selama tiga tahun terakhir, bisnis komersial perusahaan tersebut dalam penanganan kepinding telah lebih dari dua kali lipat, sementara telepon dari rumah tangga lebih tinggi lagi.

Wanita anggota Dewan Kota New York Christine Quinn pada Juli mengakui bahwa Big Apple telah menghadapi serbuan kuat hewan penghisap darah itu setelah kota tersebut mengumumkan akan mengeluarkan 500.000 dolar AS guna meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai hama itu. Kepinding memang tak membawa penyakit tapi sulit dimusnahkan.

Mantan presiden AS Bill Clinton telah memerangi penyebaran hewan tersebut di kantornya di Harlem, bersama dengan gerai pakaian Victoria`s Secret, toko pakaian remaja Hollister dan sejumlah hotel yang telah kehilangan penghasilan dalam jumlah ribuan dolar AS guna memerangi kepinding.

Terminix menyatakan serangga itu cenderung "menumpang" dari satu tempat ke tempat lain. Binatang tersebut sangat suka pada hotel, pesawat dan kapal pelayaran.

Orang yang menduga mereka "memiliki" kepinding disarankan untuk memeriksa kasur untuk mengetahui apakah ada bagian berwarna hitam, dan menghindari tindakan mengambil kasur bekas atau furnitur yang dibuang di pinggir jalan.
(Uu.C003/A011/P003)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar