Jakarta (ANTARA) - Single baru grup idola asal Korea Selatan BTS "Butter" telah memecahkan rekor penonton terbanyak untuk penayangan perdana di YouTube dengan 3,9 juta views pada tanggal 21 Mei 2021.

Rekor penonton terbanyak untuk tayangan perdana ini dikonfirmasi oleh Youtube pada 24 Mei kepada Guinness World Records.

Video musik yang bertajuk "BTS (방탄소년단) 'Butter' Official MV" tersebut kini telah ditonton lebih dari 187 juta kali.

Baca juga: Debut melantai di bursa, saham agensi BTS ini meroket

BTS sebelumnya memegang rekor ini dengan single mereka "Dynamite", yang memiliki 3 juta penonton bersamaan dengan perilisannya.

24 jam setelah dirilis, "Butter" juga memecahkan rekor video musik YouTube yang paling banyak ditonton dalam 24 jam dengan 108.200.000 views, video ini juga memecahkan rekor video musik KPop di YouTube yang paling banyak ditonton dalam 24 jam.

Namun, ini bukan satu-satunya rekor yang dicapai "Butter" dalam waktu sesingkat itu.

Setelah single tersebut rilis di Spotify, single itu mengumpulkan 11.042.335 streaming global hanya dalam satu hari, memecahkan rekor untuk lagu yang paling banyak di-streaming di Spotify dalam 24 jam pertama.

Lagu ini mengalahkan lagu kolaborasi antara Ed Sheeran dan Justin Bieber, "I Don't Care", dengan 64.946 streams.

Kesuksesan BTS di Spotify dikonfirmasi oleh rekor lain, menandai jumlah streaming mereka yang tak tertandingi di platform tersebut.

Pada 27 April 2021, musik BTS telah diputar sebanyak 16,3 miliar kali di Spotify, memecahkan rekor untuk pertunjukan yang paling banyak diputar di Spotify untuk grup musik.

Single mereka "Dynamite" (829.7 juta) dan "Boy with Luv" (642.6 juta) adalah lagu mereka yang paling banyak distreaming.

Band Inggris Coldplay sebelumnya memegang rekor ini dengan 16,1 miliar streaming pada 27 April 2021 tetapi sekarang menjadi grup dengan streaming terbanyak kedua setelah BTS. Imagine Dragons adalah grup dengan streaming terbanyak ketiga dengan 15,7 miliar streams. 

Baca juga: BTS adakan "Muster" rayakan 8 tahun debut

Baca juga: BTS bicara "Butter" hingga rencana ulang tahun ke-8

Baca juga: BTS lelehkan hati para ARMY lewat "Butter"

 

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021