Sebanyak 17 warga Cilangkap jalani isolasi mandiri

Sebanyak 17 warga Cilangkap jalani isolasi mandiri

Sudin Gulkarmat Jakarta Timur melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan di permukiman warga di RW 03 Cilangkap, Jakarta, Selasa (25/5/2021). ANTARA/HO-Sudin Gulkarmat Jakarta Timur/aa. (Handout Sudin Gulkarmat Jakarta Timur)

diantaranya terdapat anak-anak dan penyandang disabilitas
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 17 warga RW 03 Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur menjalani isolasi mandiri usai terindikasi positif COVID-19 berdasarkan hasil tes Polymerase Chain Reaction (PCR).

Camat Cipayung Fajar Eko Satrio mengatakan dari 17 warga yang jalani isolasi mandiri tersebut di antaranya terdapat anak-anak dan  penyandang disabilitas.

Baca juga: Wagub DKI sebut penguncian wilayah mikro Cilangkap sudah diatasi

"Warga yang terkena COVID-19 itu yakni 10 anak-anak tapi orang tuanya tidak. Tujuh lainnya terdiri dari orang tua, penyandang disabilitas, dan  ibunya kena tetapi anak balitanya negatif (COVID-19)," kata Fajar Eko Satrio saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Fajar Eko Satrio mengatakan isolasi mandiri yang dilakukan terhadap 17 warga RW 03 tersebut berdasarkan rekomendasi dari Satgas COVID-19 Kecamatan Cipayung.

Baca juga: Permukiman di Cilangkap disemprot disinfektan imbas klaster COVID-19

Selain itu, Fajar mengatakan pertimbangan lain terhadap 10 anak yang melakukan isolasi mandiri karena tidak memiliki orang dewasa pendamping perawatan apabila dirujuk ke rumah sakit rujukan COVID-19.

"Sehingga ada edukasi khusus kepada orangtua untuk memastikan 10 anak ini taat protokol kesehatan dan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Nanti diawasi tim kesehatan," ujar Fajar Eko Satrio.

Baca juga: Warga jalani karantina wilayah di Cilangkap dapat bantuan makanan

Lebih lanjut, Fajar menjelaskan hingga Selasa (25/5) masih terdapat 104 warga RW 03 yang terindikasi positif COVID-19 berdasarkan hasil tes PCR.

Dia menambahkan secara berkala  jajaran Puskesmas Kecamatan Cipayung memberikan edukasi mengenai protokol kesehatan dari kepada warga yang tidak terpapar COVID-19 sebagai upaya mencegah penularan.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pembangunan proyek kedua Program Rumah DP 0 Rupiah resmi dimulai

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar