Magelang (ANTARA) - Para seniman melukis bersama di kompleks Museum Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di Kota Magelang, Jawa Tengah, dalam acara halalbihalal pada Rabu.

Sebagian seniman membuat mural di tembok pagar museum dan sebagian lagi melukis di kanvas berukuran besar.

Ketua Komunitas Pinggir Kali Muhammad Nafi selaku penanggung jawab kegiatan mengatakan bahwa ada 46 seniman yang mengikuti aksi melukis bersama dan enam seniman yang menggelar pameran di kompleks museum.

"Kami mempunyai kegiatan-kegiatan insidental tetapi rutin, rata-rata setiap bulan kami bertemu untuk silaturahmi, memadukan ide," katanya.

"Kali ini kami melukis bersama, berbarengan dengan pameran teman-teman, dan sekalian kami ingin halalbihalal dengan tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi ini," ia menambahkan.

Acara melukis bersama kali ini, menurut dia, mengangkat tema perjuangan, termasuk perjuangan untuk meningkatkan integritas dan perjuangan untuk mencapai kemandirian.

​​​​​​​Dia menjelaskan pula bahwa para seniman menggagas pembentukan pasar seni lokal berbasis komunitas di Kota Magelang.

"Semoga ke depan dengan difasilitasi tempat kami bisa mengadakan kegiatan yang bersifat lebih besar, bisa menghubungkan teman-teman dengan dunia luar, mungkin bidang ekonomi, sehingga barang-barang seni yang diproduksi bisa laku," katanya. 

Baca juga:
122 perupa Nusantara melukis bersama di Malioboro
​​​​​​​
Perupa dari 22 negara melukis bersama di Borobudur

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2021