Kepala BNPB tinjau penanganan COVID-19 dan kesiapan RSDC Wisma Atlet

Kepala BNPB tinjau penanganan COVID-19 dan kesiapan RSDC Wisma Atlet

Tangkapan layar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Ganip Warsito (tengah) dalam telekonferensi di Jakarta, Rabu (26/5). (ANTARA/Indriani)

Sore ini saya melakukan kunjungan pertama ke RSDC Wisma Atlet, sejak kemarin dilantik menggantikan Letjen TNI Doni Monardo
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Ganip Warsito meninjau penanganan COVID-19 dan kesiapan Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran Jakarta.

“Sore ini saya melakukan kunjungan pertama ke RSDC Wisma Atlet, sejak kemarin dilantik menggantikan Letjen TNI Doni Monardo,” ujar Ganip dalam pernyataannya yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Dia menambahkan kehadirannya di RSDC Wisma Atlet tersebut untuk memastikan kesiapan baik secara personel dan fasilitas serta sarana pendukungnya untuk menghadapi lonjakan kasus COVID-19 pascalebaran.

Baca juga: Doni Monardo berpesan penanggulangan bencana tetap prioritas BNPB

“Mengingat sejak tanggal 19 Mei hingga sekarang, kita mengidentifikasi terjadi kenaikan kasus rata-rata di atas 100,” tambah Ganip yang juga Ketua Satgas Penanganan COVID-19 itu.

Dia menjelaskan seluruh personel, tenaga medis dan perangkat RSDC Wisma Atlet siap menghadapi lonjakan kasus COVID-19. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah lonjakan mulai dari pelarangan mudik, penyekatan hingga PPKM Mikro.

“Secara umum, kapasitas dan tenaga medis serta obat-obatan siap menghadapi lonjakan kasus COVID-19 hingga dua bulan ke depan,” kata dia lagi.

Baca juga: Presiden Jokowi lantik Ganip Warsito sebagai Kepala BNPB

Baca juga: Ganip Warsito gantikan Doni Monardo sebagai Kepala BNPB


Data Kementerian Kesehatan pada Rabu (26/5) pukul 12.00 WIB menyebutkan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 bertambah 5.034 kasus atau total menjadi 1.791.221 kasus.

Sementara kasus sembuh bertambah 3.189 kasus atau total 1.645.263 kasus. Untuk kasus meninggal bertambah 144 kasus atau total 49.771 kasus.

Satgas COVID-19 terus mengingatkan masyarakat untuk menaati protokol kesehatan dan menerapkan 5M yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, membatasi mobilitas dan menjauhi kerumunan.

Baca juga: Kasus terkonfirmasi COVID-19 RI bertambah 5.034, sembuh 3.189 kasus

Baca juga: 16 orang pencari suaka di Bintan Kepri tertular COVID-19


Pewarta: Indriani
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Presiden Jokowi dukung penguatan sistem ketahanan kesehatan global

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar