Gerhana bulan warnai malam jelang Pemilihan Suara Ulang Pilgub Jambi

Gerhana bulan warnai malam jelang Pemilihan Suara Ulang Pilgub Jambi

Fase gerhana bulan total Perige (Super Blood Moon) terlihat dari kawasan Kota Tangerang, Banten, Rabu (26/5/2021). Gerhana bulan total "Super Blood Moon" tersebut terjadi selama sepuluh menit mulai dari pukul 18.18 hingga 18.28 WIB. ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf/rwa.

Jambi (ANTARA) - Fenomena gerhana bulan total yang berlangsung Rabu (26/5), mewarnai malam menjelang Pemilihan Suara Ulang Pemilihan Gubernur (PSU-Pilgub) Jambi 2020 yang akan dilaksanakan di 88 TPS di lima kabupaten di Provinsi Jambi, Kamis (27/5).

Gerhana bulan total tersebut tepatnya terjadi sekitar 13 jam menjelang pemilihan suara ulang yang dimulai, Kamis pagi pukul 07.00 WIB.

"Logistik pilkada langsung diantar ke lokasi tempat pemungutan suara ulang Pilgub Jambi yang dijadwalkan pada hari Kamis (27/5)," kata Ketua KPU Kabupaten Batanghari A Kadir di Batanghari, Rabu.

Kendati waktunya hampir berdekatan, namun hanya kebetulan dan tidak ada korelasi antara fenomena alam itu dengan Pemilihan Suara Ulang (PSU) Pilgub Jambi 2020.

Baca juga: MK RI putuskan pemilihan suara ulang Pilkada Jambi di 88 TPS

Baca juga: Pemilih tak berhak beri kesaksian untuk sengketa Pilkada Jambi


Pemilihan Suara Ulang Pilgub Jambi akan digelar di 88 TPS yang ada di sejumlah lima kabupaten di Provinsi Jambi yakni di Kabupaten Muarojambi 59 TPS, Tanjung Jabung Timur 14 TPS, Kerinci 7 TPS, Batanghari 7 TPS dan di Kota Sungaipenuh 1 TPS.

Pemilihan Suara Ulang yang merupakan amanat dari ketetapan Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut akan menentukan bagi dua calon gubernur dan calon wakil gubernur pasangan Cek Endra- Ratu Munawaroh dan duet Al Haris - Abdullah Sani.

Kendati demikian pasangan H Fachrori Umar dan Syafril Nursal yang sudah tidak berpeluang lagi, tetap tertera pada surat suara PSU yang merupakan 'babak final' dari Pilgub Jambi 2020.

KPU kabupaten dan kota yang melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi 2020 telah mendistribusikan logistik PSU ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ia menyebutkan logistik pilkada itu terdiri atas surat suara, formulir, tinta, dan kelengkapan TPS lainnya. Surat suara yang didistribusikan ke tujuh TPS di daerah itu sebanyak 2.090 surat suara.

Jumlah surat suara tersebut, kata dia, sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap ditambah 2,5 persen sebagai surat suara cadangan. Pengiriman logistik itu menggunakan armada dari KPU dan PT Pos Indonesia yang dikawal langsung oleh pihak kepolisian.

Sementara itu Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo dan Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M Zulkifli melakukan peninjauan dan pengecekan kesiapan pengamanan di TPS yang akan menggelar PSU di sejumlah desa di Kabupaten Muarojambi.

Polda Jambi dan Korem 042/Gapu telah menempatkan personelnya untuk melakukan pengamanan di TPS, dan memastikan pelaksanaan PSU berjalan lancar.*

Baca juga: Kopipede Jambi catat sembilan evaluasi Pilkada Tahun 2020

Baca juga: Sengketa pilkada, Paslon 01 Gubernur Jambi minta PSU di 15 kecamatan

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Presiden lantik Gubernur dan Wagub Jambi 2021-2024

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar