Jakarta (ANTARA) - Direktur teknik AC Milan, Paolo Maldini telah mengonfirmasi bahwa kiper Gianluigi Donnarumma akan meninggalkan klub musim panas ini sebagai pemain bebas transfer.

Donnarumma melakukan debutnya di Milan pada usia 16 tahun dan telah memantapkan dirinya sebagai salah satu penjaga gawang muda terbaik di dunia sepak bola setelah menjadi starter Milan selama enam musim terakhir.

Penjaga gawang berusia 22 tahun tersebut sekarang akan mempunyai banyak opsi klub yang dapat diperkuatnya untuk musim depan.

Baca juga: Donnarumma tidak terganggu rumor transfer seputar dirinya

“Ia adalah seorang protagonis, seorang pemimpin dan seringkali seorang kapten,” kata Maldini tentang Donnarumma selama wawancara di saluran resmi Twitch AC Milan, yang dikutip Goal pada Kamis.

"Seorang profesional juga harus siap untuk mengganti klubnya" lanjut Maldini. “Semakin sulit memulai karier di satu tempat dan menyelesaikannya di sana."

"Kami harus berterima kasih kepada mereka yang telah memberi begitu banyak untuk Milan dan Gigio melakukannya, tanpa pernah merendahkan klub. Jalan kami terpisah di sini dan saya hanya bisa mendoakan yang terbaik untuknya."

Baca juga: Raiola dituding biang keladi kisruh kontrak Donnarumma

AC Milan sendiri telah menargetkan kiper Lille, Mike Maignan sebagai pengganti Donnarumma.

Kiper timnas Prancis itu telah terlihat di Milan pekan ini menjelang pemeriksaan medis, dengan kepindahannya kemungkinan akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang.

Milan dilaporkan mengeluarkan uang sebesar 15 juta euro (sekitar Rp261 miliar) untuk Maignan, yang membantu Lille meraih gelar juara Ligue 1 musim ini.

Chelsea, Tottenham dan Juventus termasuk beberapa klub yang telah dikaitkan dengan Donnarumma, dengan laporan lebih lanjut menyatakan bahwa Barcelona juga siap menyodorkan tawaran mereka.

Donnarumma telah membuat lebih dari 250 penampilan di tim utama AC Milan dan 25 kali membela timnas Italia.

Baca juga: Donnarumma dan Petter Hauge positif terinfeksi COVID-19

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021