Saham China ditutup pada level tertinggi tiga bulan

Saham China ditutup pada level tertinggi tiga bulan

Ilustrasi - Investor melihat layar komputer yang menunjukkan informasi saham di sebuah rumah broker di Shanghai. ANTARA/REUTERS/Aly Song/am.

Shanghai (ANTARA) - Saham China berakhir di level tertinggi tiga bulan pada Kamis, karena data industri dinilai dapat menenangkan kekhawatiran atas pengetatan kebijakan, sementara beberapa tanda positif pada hubungan China-AS juga mendorong sentimen.

Indeks saham unggulan CSI300 naik 0,3 persen menjadi 5.338,23, level penutupan tertinggi sejak 3 Maret, sedangkan indeks Shanghai Composite menguat 0,4 persen menjadi 3.608,85, penutupan terkuat sejak 23 Februari.

Analis dan pedagang mengatakan serangkaian data ekonomi lemah baru-baru ini membantu meredakan kekhawatiran pengetatan kebijakan yang telah membebani penilaian ekuitas dan selera risiko.

Data menunjukkan pendapatan di perusahaan industri China tumbuh lebih lambat di bulan April, dengan harga komoditas yang tinggi dan kinerja yang lebih lemah di sektor barang konsumen membatasi profitabilitas keseluruhan dari manufaktur.

"Kondisi likuiditas mikro telah membaik di pasar saham-A, dengan peluncuran reksa dana baru yang meningkat," kata Yan Kaiwen, analis dari China Fortune Securities.

Yan menambahkan reli saham yang kuat selanjutnya akan menarik lebih banyak uang masuk melalui reksa dana di bulan Juni, memperkirakan indeks Shanghai akan menguji level 3.800 poin tahun ini.

Sepanjang minggu ini CSI300 naik 4 persen, sementara SSEC naik 3,5 persen.

Arus masuk asing terus menopang pasar, sebagian berkat yuan yang menguat menyentuh level tertinggi tiga tahun.

Investor pada hari Kamis, membeli saham-A senilai 19,5 miliar yuan ( 3,06 miliar dolar) melalui Stock Connect yang menghubungkan China daratan dengan Hong Kong, menurut data Refinitiv.

Arus masuk juga sebagian disebabkan oleh tinjauan semi-tahunan penyedia indeks MSCI atas indeks China yang berlaku pada penutupan Kamis.

China dan Amerika Serikat telah sepakat bahwa pengembangan perdagangan bilateral sangat penting, kata kementerian perdagangan China. DItambahkan, kedua belah pihak juga bertukar pandangan tentang masalah-masalah yang menjadi perhatian bersama.

Baca juga: Saham China dibuka bervariasi setelah naik tiga hari beruntun
Baca juga: Kekhawatiran inflasi reda, saham China naik ke level tertinggi 3 bulan
Baca juga: Saham China dibuka menguat, perpanjang kenaikan dua hari sebelumnya


Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar