Dorong jadi D4, Kemendikbudristek: Industri rugi rekrut lulusan D3

Dorong jadi D4, Kemendikbudristek: Industri rugi rekrut lulusan D3

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Wikan Sakarinto dalam taklimat media secara daring di Jakarta, Kamis (27/5). (ANTARA/Indriani)

Melalui program Kampus Merdeka Vokasi pihaknya mendorong agar program D3 ditingkatkan menjadi D4
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Wikan Sakarinto mengatakan industri dirugikan dengan merekrut lulusan program diploma tiga (D3) vokasi sehingga mendorong peningkatan menjadi D4..

“Industri rugi dengan merekrut lulusan D3, karena beberapa tahun bekerja mereka berhenti dan melanjutkan ke sarjana terapan (D4).Begitu pun, jika mereka tidak berhenti tetapi kuliah saat libur kerja. Itu tidak akan efesien,” katanya dalam taklimat media di Jakarta, Kamis.

Oleh karena itu, melalui program Kampus Merdeka Vokasi pihaknya mendorong agar program D3 ditingkatkan menjadi D4. Melalui program tersebut, kurikulum dibangun bersama dengan industri dan hanya menambah beberapa semester saja.

“Dengan kurikulum yang dibuat bersama, lulusan D4 bisa langsung menerapkan ilmu yang didapatkan langsung di perusahaan. Kompetensi lulusannya pun sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan,” katanya.

Meski demikian, kata dia, peningkatan dari D3 ke D4 tersebut bukanlah kewajiban, melainkan sukarela tergantung dari kebijakan kampus.

“Apa yang membedakan hanya kerja sama dengan industri ditambah menjadi tiga serta memperkuat kemampuan teknis. Sementara sumber dayanya masih tetap menggunakan yang sudah ada,” katanya.

Karena itu, perlu adanya sosialisasi pada dunia industri agar program "link and match" antara pendidikan vokasi dan industri bisa berhasil sehingga industri perlu memahami bahwa dengan "link and match", industri dan pendidikan vokasi akan sama-sama diuntungkan, demikian Wikan Sakarinto.

Baca juga: Kemendikbud: Pengembangan program D3 tidak lagi dapat dana pemerintah

Baca juga: Kemendikbud : Program D4 tingkatkan minat masuk pendidikan vokasi

Baca juga: Kemendikbud perkuat pendidikan D4 agar bisa cetak kreator dan inovator

Baca juga: Kemendikbud tegaskan Program D4 setara dengan S1

 

Pewarta: Indriani
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kemendikbudristek akan tambah level kontrol PTM

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar