Polri masih proses izin Liga 1 dan Liga 2 Indonesia

Polri masih proses izin Liga 1 dan Liga 2 Indonesia

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono, Selasa (18/5/2021). ANTARA/Laily Rahmawaty/am.

Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) masih memproses penerbitan izin keramaian kejuaraan sepak bola Liga 1 dan Liga 2 Indonesia yang sebelumnya diwacanakan terbit pada tanggal 27 Mei 2021.

"Sedang proses, nanti kalau ada perkembangan pasti akan saya sampaikan," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono, saat dikonfirmasi lewat obrolam instan 'whatsapp', Kamis.

Sebelumnya, Asisten Operasi (Asops) Kapolri Irjen Polisi Imam Sugianto mengatakan bahwa Polri akan mengeluarkan izin keramaian kompetisi Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2021-2022 paling lambat 27 Mei 2021.

Baca juga: Izin keramaian Liga 1 dan 2 keluar paling lambat 27 Mei

Rusdi enggan menjelaskan secara detil proses izin keramaian tersebut dan kenapa izin belum diterbitkan seperti yang disampaikan Asisten Operasi (Asops) Kapolri.

Rusdi mengatakan saat ini Asops Kapolri sedang melakukan kunjungan kerja ke Papua bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

"Tunggu perkembangan ya, nanti pasti akan disampaikan," ujar Rusdi.

PSSI berencana menggelar Liga 1 2021-2022 mulai awal Juli 2021, antara tanggal 3 sampai 7, hingga Maret 2022.

Sementara Liga 2 akan bergulir 14 hari setelah sepak mula Liga 1 dan diproyeksikan berakhir pada Desember 2021.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memastikan kompetisi sepak bola Liga 1 Indonesia musim 2021-2022 digelar terpusat di Pulau Jawa pada Juli 2021-Maret 2022.

Diberitakan sebelumnya, proses penerbitan izin keramaian tersebut masih berlangsung dan Polri sendiri sudah menerima permohonan izin keramaian dari PT Liga Indonesia Baru sejak sebelum puasa.

Baca juga: Menpora optimistis Polri beri izin keramaian Liga 1 dan 2

Asops Kapolri Irjen Pol Imam Sugianto menyebutkan, pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2 dapat mengacu pada turnamen pramusim Piala Menpora 2021 yang berlangsung 21 Maret-25 April.

Menurut pria yang pernah menjabat sebagai Ajudan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu, Piala Menpora dinilai Polri sukses dari segi penyelenggaraan dan pencegahan COVID-19.

Namun, untuk Liga 1 dan Liga 2, Imam mengingatkan butuh upaya lebih karena waktu pelaksanaan yang lebih lama.

Sementara Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyebut bahwa Liga 1 musim 2021-2022 rencananya digelar mulai pada rentang tanggal 3-7 Juli dan diproyeksikan selesai Maret 2022.

Untuk Liga 1 akan berlangsung terpusat di Pulau Jawa dan dilaksanakan dengan format liga penuh, kandang-tandang. Adapun Liga 2 musim 2021 bergulir 14 hari setelah sepak mula Liga 1 dan berlangsung sampai Desember.

Baca juga: LIB: kepastian sponsor Liga 1 tunggu izin keramaian Polri

"Untuk Liga 2 akan kami rapatkan kembali. Rencananya ada empat wilayah yang menjadi tuan rumah seperti Palembang, Riau, Tangerang Selatan dan lain sebagainya," tutur Iriawan.

Pria yang biasa disapa Iwan Bule itu pun memastikan bahwa pihaknya akan menjadikan penyelenggaraan Piala Menpora 2021 sebagai patokan untuk pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2 musim terkini.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

HUT ke-75 Polri, Polresta Pontianak pertegas tindakan hukum

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar