Teheran (ANTARA News/AFP) - Lima pemberontak dan dua anggota Pengawal Revolusi tewas dalam pertikaian di Kordestan, propinsi Iran yang berbatasan dengan Irak, menurut laporan koran pemerintah Iran pada Kamis.

"Selama perseteruan di wilayah perbatasan Kordestan, lima anggota anti-revolusioner dan dua anggota Garda tewas," kata laporan, tanpa menjelaskan kaitan pemberontakan atau kapan insiden tersebut terjadi.

Pejuang dari Partai Hidup Bebas Kurdistan (PJAK) telah melawan pasukan keamanan di wilayah barat laut Iran yang memiliki populasi Kurdi yang cukup banyak.

PJAK bersekutu dekat dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang beroperasi di Turki dan masuk daftar AS dan Turki sebagai kelompok teroris dan banyak dari komunitas internasional.

Pasukan Iran biasa membom perbatasan dengan wilayah otonomi Kurdi Irak, tempat bermarkasnya PJAK, dengan laporan penembakan terbaru pada Senin.

Pada Mei, Iran menggantung empat orang Kurdi, termasuk seorang perempuan, karena punya hubungan dengan kelompok tersebut.(*)

(Uu.KR-IFB/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010