Jakarta (ANTARA News) - Spammer menyebarkan pesan email menyedihkan yang memberitakan bahwa artis ternama Hollywood meninggal dunia seperti Beyonce Knowles Fatal Car Crash, Brad Pitt Fatal Car Crash, Johnny Depp died, Madonna Fatal Car Crash, Oprah Winfrey Fatal Car Crash dan Tiger Woods died.

Norton, dalam siaran persnya mengatakan, spammer menggunakan subyek yang mengerikan dalam upayanya menginfeksi komputer Gelombang baru email dengan subyek mengejutkan yang membuat orang sangat tertarik untuk membukanya kini tengah menyebar.

Penjahat cyber yang mengirimkan berita palsu ini untuk menyebar virus dengan menggunakan HTML atau lampiran (attachment) yang membawa software jahat ("Malware") yang dapat mengakses komputer pengguna dan mencuri informasi pribadi mereka.

Salah satu ancaman yang dilampirkan ke dalam email tersebut yaitu "Trojan.Zbot" yang dibuat secara khusus untuk mencuri informasi rahasia dari komputer yang diinfeksi. Virus itu akan secara spesifik menargetkan sistem informasi, kredensial online, dan rincian informasi perbankan.

Para ahli Norton turut membantu dengan membagi tips kepada pengguna mengenai bagaimana melindungi diri dari scam jenis ini, seperti menginstall penyaring spam/blocking software, software antispam memisahkan spam dari pesan yang asli, tidak merespon email yang mencurigakan, jangan mengklik link di dalam email yang menanyakan akan menghapus anda dari daftar si pengirim.

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010