Peralatan tersebut kami berikan melalui program CSR, karena selama pandemi COVID-19, kegiatan ibadah dilakukan secara virtual, dengan membatasi ibadah tatap muka
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Malang menyalurkan bantuan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), dalam upaya untuk berkontribusi dalam kehidupan sosial keagamaan di Indonesia.

Pemimpin Wilayah BRI Kanwil Malang Prasetya Sayekti mengatakan bahwa bantuan melalui program CSR BRI tersebut, diberikan kepada Majelis Agung Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) senilai Rp250 juta.

"Kami terus berperan aktif dalam kehidupan umat beragama, saat ini, kami berikan bantuan melalui program CSR untuk Majelis Agung GKJW yang ada di Kota Malang," kata Prasetya, di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat.

Prasetya menjelaskan, bantuan sebesar Rp250 juta tersebut, diberikan dalam bentuk barang yang akan dipergunakan untuk mendukung pelaksanaan ibadah yang saat ini masih terdampak pandemi penyakit akibat penyebaran virus Corona.


Baca juga: BRI Kanwil Malang beri kontribusi kehidupan sosial keagamaan lewat CSR


Bantuan yang diberikan melalui program CSR BRI Kanwil Malang tersebut, diantaranya adalah peralatan multimedia, mulai dari perangkat komputer, perangkat audio, dan video multimedia, termasuk pengadaan generator set (genset).

"Peralatan tersebut kami berikan melalui program CSR, karena selama pandemi COVID-19, kegiatan ibadah dilakukan secara virtual, dengan membatasi ibadah tatap muka," kata Prasetya.

Sementara itu, Ketua Majelis Agung GKJW Tjondro Firmanto Gardjito menambahkan, peralatan yang diberikan oleh BRI Kanwil Malang melalui program CSR tersebut, merupakan alat-alat yang dibutuhkan untuk melakukan ibadah secara daring.

Kegiatan ibadah yang dilakukan secara daring tersebut, lanjut Tjondro, memang harus dilakukan karena saat ini pandemi COVID-19 masih belum berakhir. Pihaknya, terus mematuhi pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan dengan membatasi kegiatan ibadah tatap muka.

"Kita perlu menyediakan alat agar ibadah ini tetap bisa berlangsung, tetapi tetap mematuhi protokol kesehatan. Kami bersyukur ini bisa dipenuhi dari CSR BRI," kata Tjondro,


Baca juga: BRI serahkan CSR kepada Pemerintah Kota Malang

Tjondro menambahkan, selama ini, pihaknya memang belum mempunyai peralatan yang mendukung kegiatan ibadah secara daring tersebut. Nantinya, alat-alat tersebut tidak hanya dipergunakan untuk keperluan ibadah, namun juga dipergunakan untuk diskusi keagamaan.

Menurut Tjondro, jaringan GKJW di Jawa Timur, ada sebanyak 172 gereja, dengan jumlah jemaat mencapai 130 ribu orang. Diharapkan, dengan adanya peralatan tersebut, ibadah yang dilakukan secara daring bisa menjangkau seluruh jemaat di Jawa Timur.

"Kami membutuhkan alat-alat untuk melakukan kegiatan secara daring tersebut, dan memang kami tidak punya alatnya. Apa yang kami harapkan, akhirnya bisa terealisasi," tutup Tjondro.

Pada 2020, BRI Kanwil Malang telah menyalurkan dana CSR melalui berbagai program dengan jumlah mencapai Rp5,6 miliar, di seluruh wilayah kerjanya. Dana CSR tersebut, juga dipergunakan untuk membantu penanganan pandemi virus Corona atau COVID-19.


Baca juga: BRI salurkan sembako dan masker untuk warga di sekitar Sinabung

Baca juga: BRI serahkan CSR konservasi Sungai Andalas senilai Rp500 juta

Baca juga: BRI Syariah salurkan bantuan untuk pemulihan gempa Palu


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021