Menaker Ida dorong peran perempuan dalam pemulihan ekonomi

Menaker Ida dorong peran perempuan dalam pemulihan ekonomi

Tangkapan layar dari Menaker Ida Fauziyah dalam acara virtual Youth Talent Creative Class yang digelar Kementerian Ketenagakerjaan, dipantau dari Jakarta, Jumat (28/5/2021). ANTARA/Prisca Triferna

perempuan harus tampil menjadi pembangkit ekonomi
Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mendorong serta mendukung peran perempuan dalam usaha membangkitkan dan memulihkan perekonomian yang lesu akibat pandemi COVID-19.

"Perempuan merupakan elemen bangsa yang sangat penting dan strategis bukan saja karena jumlahnya yang besar, tetapi juga karena perempuan punya potensi besar untuk menggerakkan ekonomi," kata Menaker Ida ketika membuka acara virtual Youth Talent Creative Class yang digelar Kementerian Ketenagakerjaan, dipantau dari Jakarta, Jumat.

Ida mengatakan bahwa kaum perempuan Indonesia tangguh dan tanpa lelah terus berkontribusi dalam berbagai sektor perekonomian, dengan banyak talenta perempuan tampil menjadi pelopor gerakan ekonomi.

Selain itu menurut Ida, kaum perempuan tidak henti-hentinya secara kreatif melakukan berbagai terobosan dalam berkarya sehingga harus akan terus didukung dan dikembangkan.

Baca juga: Perempuan "penyelamat" ekonomi di tengah pandemi
Baca juga: Pengembangan Usaha Syariah Melibatkan Peran Perempuan


Dia mengatakan bahwa Kementerian Ketenagakerjaan memiliki perhatian yang besar terkait pengembangan potensi dan talenta perempuan Indonesia, karena pembangunan ketenagakerjaan harus dilakukan secara inklusif.

Pembangunan ketenagakerjaan inklusif itu dapat dilakukan dengan memberikan ruang terbuka dan mendorong perempuan untuk meningkatkan potensi kreatif dan kompetensinya agar dapat berperan lebih besar dalam menggerakkan ekonomi, baik menjadi pekerja maupun berwirausaha.

Talenta perempuan, tegas Ida, adalah bagian penting yang harus difasilitasi dengan berbagai program termasuk dalam bentuk pengembangan talenta muda, termasuk Talent Hub Kementerian Ketenagakerjaan sebagai wadah pengembangan potensi generasi muda.

"Dalam kondisi kesulitan ekonomi seperti sekarang ini, kelesuan hampir seluruh sektor kita hadapi karena pandemi ini, perempuan harus tampil menjadi pembangkit ekonomi berbasis potensi ekonomi kerakyatan," tegas Ida.

Baca juga: Perempuan dinilai pegang peran besar dalam transformasi era digital
Baca juga: BSI : peran perempuan dalam pengembangan ekonomi syariah meningkat

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kemnaker salurkan BSU kepada 2,1 juta pekerja hingga Agustus

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar