Pemulung di TPA Burangkeng Bekasi jalani tes COVID-19

Pemulung di TPA Burangkeng Bekasi jalani tes COVID-19

Petugas mengajak pemulung di TPA Burangkeng, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menjalani tes usap antigen untuk mendeteksi penularan COVID-19 pada Jumat (28/5/2021). (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah)

Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Para pemulung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menjalani tes antigen untuk mendeteksi penularan COVID-19 pada Jumat.

Kepala Kepolisian Sektor Setu Ajun Komisaris Polisi Mukmin di tempat pelaksanaan pemeriksaan mengatakan bahwa pemerintah daerah bersama Polri dan TNI menyelenggarakan layanan pemeriksaan bagi pemulung yang baru pulang mudik Lebaran.

"Para pemulung yang menjalani swab test antigen ini baru saja melakukan mudik dari sejumlah tempat asalnya," katanya.

"Kegiatan ini bertujuan mencegah klaster baru penyebaran COVID-19 sekaligus memutus mata rantainya," katanya.

Menurut dia, pemulung yang menjalani pemeriksaan di TPA Burangkeng kebanyakan berasal dari Cirebon dan Indramayu.

"​​​​​Mereka baru kembali dari kampung asal," katanya.

Petugas mendirikan posko pemeriksaan antigen di kawasan TPA) Burangkeng dan kemudian mengajak satu per satu pemulung menjalani pemeriksaan.

Beberapa pemulung semula menolak menjalani pemeriksaan. Mereka baru bersedia menjalani pemeriksaan setelah diberi pengertian oleh petugas.

Selain pada pemulung, pemeriksaan untuk mendeteksi penularan virus corona juga dilakukan pada para pengemudi truk sampah.

Menurut Camat Setu Joko Dwi Jatmoko, pemulung dan sopir truk yang menjalani tes usap antigen pada Jumat tidak ada yang terindikasi tertular COVID-19.

Joko mengatakan, pemerintah kecamatan akan berkoordinasi dengan pengelola TPA Burangkeng untuk memantau pemulung yang baru pulang dari kampung halaman.

"Segera laporkan ke kami untuk dilakukan swab test antigen secara gratis. Kami berharap apa yang kami lakukan ini dapat meminimalisir dan memutus mata rantai penularan COVID-19, khususnya di wilayah kami," katanya.

Baca juga:
Sejumlah pemulung lansia di DKI Jakarta jalani vaksinasi COVID-19
Satgas Bekasi datangi rumah pemudik untuk lakukan tes COVID-19

 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Syarat menyeberang Merak bukan sekadar surat hasil tes antigen

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar