BPJT akan melakukan pelelangan untuk JORR 3 yang terdiri atas empat ruas tol.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) berencana melelang empat ruas tol yang menjadi bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 3 yang membentang dari Kamal, Jakarta Utara, sampai dengan Karawang Barat.

"BPJT akan melakukan pelelangan untuk JORR 3 yang terdiri atas empat ruas tol," ujar Kepala BPJT Danang Parikesit di Depok, Jawa Barat, Jumat.

Danang menjelaskan bahwa keempat proyek ruas tol JORR 3 tersebut adalah ruas tol Kamal - Teluk Naga -Rajeg sepanjang 38,6 km dengan nilai investasi Rp18,76 triliun, kemudian Semanan - Balaraja sepanjang 32,35 km dengan nilai investasi Rp15,52 triliun.

Lalu ruas tol Bogor -Serpong via Parung sepanjang 31,1 km dengan nilai investasi Rp8,9 triliun dan ruas tol Sentul Selatan - Karawang Barat sepanjang 61,5 km dengan panjang Rp15,37 triliun.

Baca juga: PUPR akan uji coba transaksi tol nirsentuh kuartal II atau III 2021

"Dengan demikian hingga 2024-2025 sampai dengan t2030, kawasan Jabodetabek akan memiliki lima jaringan atau ring Jalan Tol untuk kawasan tersebut," kata Danang Parikesit.

Kelima jaringan Jalan Tol tersebut terdiri dari enam ruas tol DKI Jakarta, Tol Dalam Kota, JORR 1, JORR 2 dan JORR 3.

"Dengan demikian pergerakan di wilayah perkotaan kawasan Jabodetabek bisa teralokasikan dan terselenggara dengan baik," ujar Kepala BPJT tersebut.

Baca juga: DPR harapkan pembangunan ruas tol betul-betul perhatikan mutu

Sebelumnya Kementerian PUPR masih berfokus pada penyelesaian tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2. Jaringan Tol JORR 2 sepanjang 109,57 km melingkar dari Bandara Soekarno Hatta, Cinere, Cimanggis hingga Pelabuhan Tanjung Priok terdiri atas 6 ruas.

Tiga ruas tol JORR 2 telah rampung adalah Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,19 km), Kunciran-Serpong (11,19 km), dan Serpong-Cinere (10,1 km).

Jalan Tol Serpong-Cinere terdiri dari dua seksi yakni Seksi 1 ruas Serpong IC - Pamulang IC sepanjang 6,5 Km yang masih beroperasi tanpa tarif sebagai bagian dari sosialisasi kepada masyarakat.

Kemudian Seksi II yakni Seksi 2 ruas Pamulang IC - Cinere IC sepanjang 3,64 Km saat ini masih dalam tahap konstruksi.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021