Jakarta (ANTARA) - Francesco Bagnaia membawa Ducati memimpin pada sesi latihan bebas kedua Grand Prix Italia di Sirkuit Mugello pada Jumat.

Upaya Bagnaia pada lap terakhir sesi latihan selama 45 menit itu berhasil membuat sang pebalap Italia menjadi yang tercepat di FP2 dengan catatan 1:46,147, menggeser pebalap Suzuki Alex Rins ke peringkat dua dengan margin tipis 0,071 detik.

Pebalap tuan rumah lainnya Franco Morbidelli menjadi pebalap Yamaha tercepat di peringkat tiga dengan selisih 0,184 detik dari Bagnaia dan mengalahkan pemuncak klasemen sementara Fabio Quartararo dari tim pabrikan yamaha. demikian laman resmi MotoGP.

Baca juga: Vinales ungguli Zarco di FP1 GP Italia

Hampir semua pebalap mampu tampil lebih cepat dari catatan waktu yang mereka catatkan dalam FP1, kecuali Maverick Vinales dan Johann Zarco yang harus puas finis P8 dan P11 pada catatan waktu kombinasi setelah dua latihan.

Duet tim KTM Factory Racing cukup produktif pada Jumat siang setelah Brad Binder dan Miguel Oliveira masing-masing finis P5 dan P6.

Sedangkan Taakaki Nakagami menjadi pebalap Honda tercepat di P7 sedangkan Aleix Espargaro meneruskan tren positif bersama Aprilia untuk masuk peringkat sepuluh besar setelah finis P9.

Jack Miller, yang mengincar hattrick setelah juara di Jerez dan Le Mans, hanya mampu finis P10 dalam catatan waktu kombinasi, terpaut 0,541 detik dari rekan satu timnya di Ducati.

Marc Marquez dan rekan satu timnya di Repsol Honda Pol Espargaro gagal menembus sepuluh besar setelah keduanya hanya mampu finis P13 dan P14.

Sedangkan Valentino Rossi gagal bersinar di trek favoritnya itu setelah tersungkur di P21, terpaut 1,572 detik dari pemuncak sesi.

MotoGP kembali digelar di Mugello akhir pekan ini setelah tahun lalu balapan di sirkuit Italia itu batal karena pandemi.

Baca juga: Pramac Racing perpanjang kemitraan dengan Ducati hingga 2024

Akan tetapi, kali ini tidak akan ada para fan yang biasanya memadati bukit di sepanjang sirkuit karena pembatasan terkait pandemi.

Mugello menjadi salah satu sirkuit yang paling menuntut kekuatan fisik dengan layout yang sangat teknis dan dengan lintasan lurus sepanjang 1,1km yang memungkinkan para pebalap mencapai kecepatan puncak hingga 356,7 kpj (Andrea Dovizioso,2019).

Ducati mengincar kemenangan keempatnya di sirkuit kandangnya itu secara beruntun ketika Jack Miller, Francesco Bagnaia, dan Johann Zarco berharap mengikuti jejak Danilo Petrucci, Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso, dan Casey Stoner yang pernah memenangi Grand Prix Italia di atas motor Desmosedici.

Test rider Ducati Michele Pirro mendapat tugas untuk menggantikan rookie tim Pramac Racing Jorge Martin yang masih memulihkan diri dari cedera yang ia alami di Portimao.

Baca juga: Rajai sirkuit Mugello, Ducati bidik tren kemenangan di kandang
Baca juga: Masa depan Rossi di MotoGP akan ditentukan ketika jeda musim panas


Catatan waktu kombinasi setelah dua sesi latihan bebas:

1. Francesco Bagnaia/Ducati Lenovo 1:46,147
2. Alex Rins/Suzuki Ecstar +0,071
3. Franco Morbidelli/Petronas Yamaha SRT +0,184
4. Fabio Quartararo/Monster Energy Yamaha +0,225
5. Brad Binder/Red Bull KTM Factory Racing +0,289
6. Miguel Oliveira/Red Bull KTM Factory Racing +0,437
7. Takaaki Nakagami/LCR Honda +0,446
8. Maverick Vinales/Monster Energy Yamaha +0,446
9. Aleix Espargaro/Aprilia Racing Gresini Team +0,508
10. Jack Miller/Ducati Lenovo +0,541

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021