Cisarua, Bogor (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno menilai Desa Tugu Selatan di Kawasan Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat memiliki daya tarik wisata.

Ia bahkan mengunjungi langsung untuk membuktikannya bersama Selebriti Raffi Ahmad pada Jumat (28/5), sekaligus melakukan sosialisasi program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Sandi mengunjungi desa tersebut lantaran dikenal sebagai desa wisata berkembang, sehingga memiliki banyak daya tarik wisata bagi wisatawan lokal dan internasional.

Baca juga: Sandiaga-Raffi sosialisasi Anugerah Desa Wisata di Puncak Bogor

Desa Tugu Selatan juga memiliki suvenir fashion berupa batik dengan motif khas komoditi dari perkebunan Gunung Mas Bogor. Kemudian, memiliki daya tarik di bidang produk kriya seperti lukisan bakar dan karya seni lainnya.

Selain itu, Desa Tugu Selatan juga memiliki wisata atraksi budaya yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Desa tersebut secara digital juga berkembang karena memiliki website dan Channel YouTube mengenai informasi kegiatan di desa wisata.

"Melalui kegiatan sosialisasi ini kami harapkan akan membangkitkan minat dari desa-desa yang ada di seluruh Indonesia untuk mulai mengadaptasi konsep desa wisata untuk meningkatkan nilai tambah desanya masing-masing dan yang sudah menerapkannya agar bisa mendaftarkan ke program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 sekaligus menginspirasi desa-desa wisata lainnya," kata Sandi.

Ia menyebutkan bahwa masing-masing desa yang mendaftar diharapkan memiliki tujuh kategori perlombaan antara lain Kontes Homestay, Kontes Toilet, Kontes CHSE, Kontes Desa Digital, Kontes Suvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya), Kontes Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan) dan Kontes Konten Kreatif.

Baca juga: Menparekraf ajak masyarakat ikuti Anugerah Desa Wisata 2021
Baca juga: Kemenparekraf gelar "Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021"

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021