Kendari (ANTARA) - Dua atlet nasional Nikolas Frederik Putra Van Kempen dan Nethavani Octaria dari Jawa Timur menjadi juara dalam kategori man overall dan female overall pada ajang triathlon tingkat nasional bertajuk “Kendari Triathlon 2021” yang digelar Sabtu. 

Dua atlet tersebut menjadi yang terbaik atau yang tercepat pada masing-masing kategori, yang memperlombakan tiga cabang olahraga, mulai dari renang sejauh 750 meter, bersepeda 20 kilometer dan lari 5 kilometer.

Peringkat kedua dan ketiga untuk putra ditempati oleh Aloysius Reckyardo Mardian asal Jawa Tengah dan Ronald Bintang Setiawan asal Jawa Timur. Sedangkan juara kedua dan ketiga untuk putri diraih oleh Chomariah Bella Agripina dan Renata Berliana Aditya. 

Dalam ajang tersebut ada pula kategori lokal Kendari. Herlin asal Kolaka Utara keluar sebagai juara pertama kategori Lokal Putra, kemudian disusul Doni Syafar sebagai juara kedua dan Jusman Harianto sebagai juara ketiga. 

Baca juga: Kendari tuan rumah lomba triathlon tingkat nasional 

Sementara itu, juara pertama kategori Lokal Putri diraih oleh Dhea Meisy Aurilie, lalu diikuti Firny Anissa Sulistiany Syaiful di peringkat kedua dan Ardita Ningsi di peringkat ketiga. 

Kegiatan tersebut seharusnya dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, tetapi karena ia berhalangan hadir di Kendari, maka pembukaannya dilakukan secara virtual. 

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menyambut baik pelaksanaan Kendari Triathlon tahun ini. Ia optimistis program hasil kerja sama Indonesia Triathlon Series (ITS) dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mampu mempercepat pemulihan ekonomi daerah.

"Event ini bisa memicu sektor perekonomian daerah dan memicu peningkatan jumlah kunjungan wisatawan domestik ke Kendari, pembelian merchandise dan oleh-oleh juga akan meningkat. Begitu juga sektor UMKM yang ada disekitar lokasi. Semua akan tergerak,” pungkas Sulkarnain. 

Baca juga: Menparekraf: Likupang tuan rumah Indonesia Triathlon Series 2021 
Baca juga: Pariaman International Triathlon 2021 dijadwalkan Agustus 
Baca juga: Menparekraf pastikan Belitung gelar Indonesia Triathlon Series 2021 

 

Pewarta: Hernawan Wahyudono dan Suparman
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021