Mahasiswa FKG UI raih penghargaan internasional

Mahasiswa FKG UI raih penghargaan internasional

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Indonesia (UI) angkatan 2017 Yoses Rivano Bakara dan Shera Cynthia Islami berhasil meraih penghargaan pada 11th UiTM Dental Students’ Scientific Symposium (ANTARA/Humas UI)

membagikan hasil penelitian saya ke audiens yang lebih luas
Depok (ANTARA) - Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Indonesia (UI) angkatan 2017 Yoses Rivano Bakara dan Shera Cynthia Islami berhasil meraih penghargaan pada 11th UiTM Dental Students’ Scientific Symposium, yang diselenggarakan oleh Fakulti Pergigian, Universitas Teknologi Mara, Malaysia secara daring.

"Kami mengucapkan selamat kepada kepada Yoses Rivano Bakara dan Shera Cynthia Islami atas prestasi yang telah diraih. Harapan kami, sivitas akademika yang telah membawa nama FKG UI dapat memetik pengalaman berharga dari kompetisi ini. Terima kasih telah mengharumkan nama UI dan Indonesia di kancah internasional," kata Dekan FKG UI Prof. Dr. M. F. Lindawati S. Kusdhany, dalam keterangannya, Sabtu.

Yoses Rivano Bakara meraih tiga penghargaan, yakni 1st prize Best Presenter pada kategori Internasional, 1st prize Poster Presentation kategori Magnolia 3 dan Best Poster Presentation. Pada kesempatan yang sama, Shera Cynthia Islami berhasil meraih 2nd prize Best Presenter pada kategori Internasional.

11th UiTM Dental Students’ Scientific Symposium merupakan sebuah wadah bagi mahasiswa untuk mempresentasikan hasil riset yang telah dilakukan di hadapan juri dan publik dari berbagai negara. Tahun ini, kegiatan tersebut bertema “Dentistry Against All Odds, Revolutionizing Research and Practice”.

Total peserta yang mengikuti perlombaan ini adalah 50 orang, dengan sekitar 37 peserta berasal dari Malaysia serta 13 peserta berasal dari Jepang, Kamboja, India, dan Indonesia.

Baca juga: UI raih juara pertama dalam Table Clinic Competition

Baca juga: FKG UI suluh soal radiografik kepada pelajar SMAN di Jakarta


Yoses mempresentasikan hasil penelitian yang berjudul “Universitas Indonesia Health Sciences Students’ Knowledge Regarding Human Papillomavirus-Related Oropharyngral Cancer”, dalam bentuk e-poster, yang membahas mengenai tingkat pengetahuan mahasiswa Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat mengenai kanker orofaring dan keterkaitannya dengan salah satu faktor risiko yaitu Human Papillomavirus.

Pada saat melakukan penelitian ini, Yoses dibimbing oleh Dr. drg. Yuniardini S. W., Msc. Dent dan drg. Ratna Kumala Indrastiti, Sp.PM.

Shera mempresentasikan hasil penelitiannya yang berjudul “The Role of Oral Health Awareness and Knowledge in Smoking Cessation Motivation: Adolescents in Jakarta” berbentuk e-poster yang membahas mengenai kesadaran dan tingkat pengetahuan mengenai bahaya merokok terhadap rongga mulut serta motivasi berhenti merokok pada remaja, khususnya siswa SMA di DKI Jakarta.

Pada penelitian ini Shera dibimbing oleh Dr. drg, Febrina Rahmayanti, Sp.PM(K) dan drg. Ambar Kusuma Astuti, Sp.PM.

"Dengan mengikuti simposium ini, saya mendapatkan pengalaman yang berharga. Saya bisa membagikan hasil penelitian saya ke audiens yang lebih luas, dengan harapan dapat menambah pengetahuan dan perspektif masyarakat luas mengenai topik ini, serta melatih kemampuan public speaking saya yang akan berguna bagi kehidupan profesional di masa yang akan datang," ujar Yoses.

Baca juga: UI peringkat pertama Scimago by Subject Areas Kedokteran Gigi

Baca juga: Mahasiswa FKG UI raih juara 1 'Groningen Model United Nations 2021'

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Peran krusial perguruan tinggi dalam hadirkan inovasi bisnis

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar