KAI pastikan perjalanan kereta api aman untuk lansia

KAI pastikan perjalanan kereta api aman untuk lansia

Penumpang berjalan menuju gerbong KA Serelo sebelum keberangkatan di Stasiun Kereta Api Kertapati Palembang, Sumsel, Kamis (24/9/2020). ANTARA FOTO/Feny Selly.

Masyarakat lansia yang rentan terpapar Covid-19 dapat mempercayakan KAI sebagai sarana transportasi di masa pandemi
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) meyakinkan masyarakat lanjut usia atau lansia agar tidak perlu ragu menggunakan kereta api karena KAI taat protokol kesehatan.

“Masyarakat lansia yang rentan terpapar Covid-19 dapat mempercayakan KAI sebagai sarana transportasi di masa pandemi. Di samping telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat, para petugas juga sudah divaksin Covid-19,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu.

Joni mengatakan, pada momen Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), KAI memberikan potongan harga sebesar 20 persen untuk pembelian tiket Kereta Jarak Jauh bagi para Lansia dengan ketentuan minimal berusia 60 tahun pada saat tanggal keberangkatan.

Guna memudahkan pelanggan lansia, pelayanan tiket dengan Tarif Reduksi dapat dilakukan via aplikasi KAI Access.

Untuk mendapatkan tarif reduksi tersebut, kata Joni, pelanggan lansia atau yang mewakili diharuskan untuk melengkapi dokumen yang dibutuhkan dan melakukan registrasi data terlebih dahulu di layanan pelanggan stasiun. Registrasi tersebut hanya dilakukan satu kali saja yaitu pada tahap awal pendaftaran akun.

Selanjutnya, pelanggan lansia dapat langsung menggunakan tarif reduksi melalui aplikasi KAI Access.

“Tarif Reduksi tersebut kami persembahkan sebagai bentuk bakti kepada para lansia di indonesia. Dengan adanya kemudahan pemesanan Tarif Reduksi tersebut, diharapkan mampu mengurangi beban para pelanggan lansia karena tanpa perlu ke stasiun untuk mengurus seperti sebelumnya,” katanya.

Fasilitas di stasiun dan kereta saat ini telah menunjang kebutuhan para pelanggan lansia seperti lift dan eskalator di beberapa stasiun besar serta kursi prioritas di kereta dan ruang tunggu. Fasilitas-fasilitas tersebut sebagai wujud pelayanan prima KAI bagi seluruh lapisan pelanggan. Selain itu, para petugas KAI juga siap membantu apabila dibutuhkan.

Dalam rangka HLUN pula, pada Jumat (28/5) KAI memberikan bantuan kepada Panti Lansia Tresna Werdha Budi Mulia Jakarta berupa fasilitas kebersihan berupa 2 unit tong sampah sebagai dukungan untuk penerapan pola hidup bersih dan sehat di panti lansia tersebut.

“Kami mengucapkan apresiasi kepada para pelanggan lansia yang selama ini telah mempercayakan kepada KAI untuk melayani perjalanan keluar kota. KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada seluruh pelanggan,” pungkas Joni.

Baca juga: KAI layani pemeriksaan GeNose C19 di 63 stasiun
Baca juga: Menko PMK tinjau layanan GeNose C19 dan jajal Kereta Luxury 2
Baca juga: KAI akan kembangkan potensi KA di Solo

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ini saran KAI Divre II Sumbar untuk kurangi kecelakaan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar