Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial memberikan penghargaan lansia berprestasi kepada atlet tinju profesional Indonesia Ellyas Pical pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2021.

Selain Ellyas Pical, penghargaan lansia berprestasi juga diberikan kepada Siti Aminah Cendrakasih dan Saridjah Niung di bidang kebudayaan serta Sri Rossyati dan Sri Irianingsi untuk lansia berprestasi di bidang pendidikan dalam peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2021 yang diselenggarakan secara virtual di Jakarta, Sabtu.

"Kami pun memberikan bantuan kepada pusaka terakreditasi dengan harapan bisa menjadi motivasi kepada pusaka di daerah lainnya untuk lebih aktif lagi dalam membuat program yang menyenangkan bagi para lansia," kata Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Pusat Santunan Keluarga (Pusaka) adalah sebutan untuk LKS Bina Lansia Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS Lansia).

Mensos menyatakan saat ini pihaknya sedang merancang program baru, yaitu Posyandu Lansia. Program tersebut sudah dia laksanakan saat masih menjabat sebagai Wali Kota Surabaya.

Meski dalam suasana pademi, puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2021 berlangsung khidmat. Mensos menyatakan,pada 2020, Kemensos tidak menyelenggarakan peringatan HLUN, karena pandemi.

Tahun ini, dalam suasana yang masih diliputi pandemi, peringatan HLUN memiliki nuansa berbeda. Acara diselenggarakan melalui kegiatan luring dengan protokol kesehatan yang ketat, lalu disiarkan sehingga peserta dari seluruh Indonesia bisa tetap mengikutinya secara daring.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021