Satgas COVID-19 Bekasi tempel stiker rumah pemudik

Satgas COVID-19 Bekasi tempel stiker rumah pemudik

Petugas menempel stiker salah satu rumah warga Desa Sukarahayu, Kecamatan Tambelang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat yang melakukan perjalanan mudik. (Foto: Pradita Kurniawan Syah).

Kami tidak menginginkan adanya lonjakan kasus COVID-19
Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mulai menempel stiker di rumah warga yang melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini untuk memudahkan identifikasi pemudik sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona.

"Sudah, sudah mulai berjalan dengan koordinasi masing-masing kepolisian sektor dibantu aparatur setempat," kata Wakil Ketua Satgas COVID-19 Kabupaten Bekasi Komisaris Besar Hendra Gunawan di Cikarang, Sabtu.

Teknis pemasangan stiker di rumah warga yang melakukan mudik dibedakan oleh variasi warna berdasarkan kriteria tertentu yang telah ditetapkan.

Stiker warna putih ditempel di rumah pemudik yang sudah kembali namun belum melaksanakan tes usap antigen, stiker dengan warna kuning bagi pemudik yang belum kembali dari kampung halaman.

"Setelah dia kembali, petugas segera mengarahkan sekaligus mendampingi si pemudik untuk melakukan swab test," katanya.

Selanjutnya stiker dengan warna hijau ditempelkan di rumah pemudik yang telah kembali serta sudah melaksanakan tes usap dengan hasil non-reaktif.

"Terakhir stiker warna merah itu menandakan pemudik telah kembali dan sudah melaksanakan swab test dengan hasil reaktif," ucapnya.

Hendra mengatakan fungsi penempelan stiker adalah untuk memastikan kondisi kesehatan warga yang baru kembali dari kampung halaman sekaligus mencegah penularan COVID-19 yang berpotensi dibawa pemudik selama dalam perjalanan mudik hingga kembali ke rumah.

Baca juga: Wagub DKI: Pemasangan stiker isolasi mandiri untuk layanan lebih baik

Baca juga: Polisi siapkan stiker untuk kendaraan pemudik bebas COVID-19


"Kami tidak menginginkan adanya lonjakan kasus COVID-19 selepas masa mudik Lebaran tahun ini," kata Kapolres Metro Bekasi itu.

Sementara Kapolsek Tambelang Ajun Komisaris Shodirin mengatakan kegiatan pemasangan stiker hari ini dilakukan di Kampung Baru Desa Sukarahayu, Kecamatan Tambelang dengan tujuan memutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Bersama Bhabinkamtibmas kami melakukan pemasangan stiker ke rumah warga yang mudik. Warna stiker sesuai kondisi pemilik rumah yang mudik," katanya.

Dia berharap masyarakat yang akan dan sudah kembali dari luar daerah agar segera melaksanakan tes usap antigen secara gratis ke posko yang sudah disediakan oleh Polsek Tambelang.

"Kami sudah menyediakan dua posko swab test antigen gratis bagi masyarakat yang pulang mudik di Puskesmas Tambelang dan Puskesmas Sukatenang," katanya.

Baca juga: Pemkot Jaksel minta pemudik yang telah balik ke Jakarta jalani tes

Baca juga: Ketua MPR: Polri siapkan stiker bagi kendaraan pemudik bebas COVID-19

 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Tanggul Citarum jebol, 30 rumah hancur dan warga masih mengungsi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar