Kualifikasi Piala Dunia 2022

Timnas Indonesia kalah 1-3 dari Oman

Timnas Indonesia kalah 1-3 dari Oman

Grafis hasil pertandingan uji coba Timnas Indonesia versus Oman. ANTARA/HO-Twitter PSSI/pri.

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Indonesia kalah dari Timnas Oman dengan skor akhir 1-3 dalam pertandingan uji coba yang berlangsung di Stadion The Seven's, Dubai, Uni Emirat Arab, Sabtu.

Gol Timnas Indonesia dicetak oleh Evan Dimas, sedangkan gol Oman dicetak oleh Muhsen Saleh Al Ghassani dan Khaled Al-Hajri, sebagaimana keterangan resmi PSSI.

Baca juga: Shin Tae-yong minta timnas Indonesia efektif dalam bertahan

Dalam laga yang berlangsung pukul 19.00 waktu setempat atau pukul 22.00 WIB, Timnas Indonesia terpantau tampil garang pada babak pertama.

Pada menit ke-11, Pratama Arhan menyisir dari sisi kiri dan melepaskan umpan ke mulut gawang, namun bola masih dapat diamankan penjaga gawang Oman, Faiys Al Rusheidi.

Dua menit kemudian, pemain muda PSIS itu kembali membuat peluang dengan melakukan lemparan ke dalam yang mengarah pada Kushedya Hari Yudo, tetapi masih bisa diamankan penjaga gawang.

Tendangan sudut Kadek Agung pada menit ke-21 juga sempat membuat kemelut di mulut gawang Oman, namun bola masih dikuasai kiper Oman.

Baca juga: Shin Tae-yong panggil Muhammad Riyandi perkuat sektor kiper

Pada menit ke-35, Kiper Indonesia Nadeo Argawinata sempat mendapatkan perawatan setelah terjatuh karena ditabrak pemain Oman, namun bisa kembali menjaga gawang.

Pertahanan Indonesia akhirnya dibobol oleh Muhsen Saleh Al Ghassani pada menit ke-40 sebelum turun minum.

Pada babak kedua, Adi Satryo menggantikan posisi Nadeo sebagai penjaga gawang, sementara Rifad Marassabesy juga digantikan oleh Asnawi Mangkualam.

Pada menit ke-51, Evan Dimas berhasil menjebol pertahanan Oman dan menyamakan kedudukan 1-1.

Baca juga: Arif-Didik siap berikan yang terbaik untuk timnas

Pelatih Timnas Shin Tae-yong kembali melakukan pergantian pemain, Evan Dimas diganti Witan Sulaiman, Firza Andika masuk menggantikan Asnawi Mangkualam, dan Braif Fatari masuk menggantikan Kushedya Yudo.

Namun, Indonesia kembali kebobolan pada menit ke-77 setelah Khaled Al Hajri dengan baik memanfaatkan umpan silang untuk menjebol gawang dan mengubah skor 1-2.

Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Oman setelah Khaled Al Hajri kembali berhasil menyelesaikan umpan terobosan dan menambah skor untuk Oman menjadi 1-3 dua menit jelang bubaran.

Laga uji coba melawan Oman merupakan persiapan terakhir Indonesia sebelum bertemu Thailand pada 3 Juni 2021, Vietnam (7/6) dan Uni Emirat Arab (11/6) pada laga yang digelar di Dubai, Uni Emirat Arab.

Sebelumnya, Tim Merah-Putih juga telah menjajal kemampuan Afghanistan lewat laga uji coba pada 25 Mei lalu dan Timnas Indonesia kalah 2-3.

Baca juga: PSSI: Koko Ari alami cedera lutut di Dubai

Berikut susunan pemain kedua tim

Indonesia: Nadeo Argawinata (GK), Nurhidayat Haji Haris, Rizky Ridho, Rifad Marassabesy, Pratama Arhan, Kadek Agung, Evan Dimas, Adam Alis, Syahrian Abimanyu, Egy Maulana Vikri, Kushedya Hari Yudo.

Pelatih: Shin Tae-yong

Oman: Faiys Al Rusheidi (GK), Fahmi Bait Durbin, Juma Habsi, Abdul Aziz Mubarak Al Gheilani, Ali Sulaiman Albusaid, Harib Jamil Al Saadi, Zahir Al Aghbari, Salaah Said Al Yahyaei, Abdullah Fawaz Abdul Ghafur, Muhsen Saleh Al Ghassani, Abd Aziz Humaid Al Maqbali.

Pelatih: Branko Ivankovic

Baca juga: PSSI: Liga 1 Putri tak digelar pada 2021
Baca juga: Shin Tae-yong soroti kualitas pertahanan dan operan timnas



 

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Nilai toleransi dalam pameran Pesan Islami dari Oman di Jakarta

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar