Laporan dari China

China bantu Palestina Rp14 M dan 200 ribu vaksin

China bantu Palestina Rp14 M dan 200 ribu vaksin

Warga Palestina Shaban Esleem berada di antara reruntuhan toko bukunya, yang hancur akibat serangan udara Israel selama pertempuran Israel-Palestina, di Kota Gaza, Senin (24/5/2021). ANTARA/REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa/HP/djo.

Beijing (ANTARA) - China akan memberikan bantuan kemanusiaan ke Palestina dalam bentuk uang tunai senilai satu juta dolar AS (sekitar Rp14,3 miliar) dan 200 ribu dosis vaksin COVID-19.

Bantuan tersebut akan disalurkan melalui Badan Pekerjaan dan Pemulihan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA).

"Kami akan terus memberikan bantuan kepada rakyat Palestina. China dengan tegas mendukung tuntutan yang adil bagi rakyat Palestina dan semua upaya yang kondusif bagi terwujudnya solusi dua negara," kata Chen Xu selaku utusan tetap China di kantor PBB dikutip media resmi China, Minggu.

Untuk mencegah terulangnya kembali konflik Palestina-Israel, dia mengajak masyarakat internasional mendukung upaya menggulirkan kembali pembicaraan perdamaian antara Palestina dan Israel.

Pembicaraan tersebut, lanjut dia, juga untuk menyelesaikan masalah di Palestina secara komprehensif, adil, dan berkesinambungan.

"China siap untuk terus bekerja mencapai tujuan ini," ujarnya.

China juga menyambut baik gencatan senjata kedua belah pihak dan berharap para pihak terkait menghentikan tindak kekerasan.

"Kami mendesak Israel untuk mencabut blokade di Gaza guna memastikan hak dan kepentingan warga Palestina," kata Chen. 


Baca juga: PBB luncurkan penyelidikan apakah Israel, Hamas, lakukan kejahatan

Baca juga: Israel menolak, Hamas sambut baik keputusan PBB selidiki konflik

Baca juga: Komisioner PBB sebut serangan Israel di Gaza mungkin kejahatan perang


 

Ribuan warga Palestina berbondong-bondong ke Masjid Al-Aqsa rayakan gencatan senjata

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar