Pesawaran, Lampung (ANTARA News) - Kawasan wisata bahari yang terdapat di Kabupaten Pesawran, Provinsi Lampung hingga saat ini masih potensial untuk dikembangkan sebagai sumber pendapatan asli daerah (PAD) kabupaten setempat.

"Lebih dari sepuluh wilayah kepulauan di daerah itu potensial untuk dikembangkan dan masih sangat membutuhkan investor yang turut mengembangkannya," ujar Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesawaran, Mahmud Yunus, di Pesawaran, minggu.

Ia mengatakan, pulau-pulau yang saat ini belum terekspos dengan maksimal tersebut akan terus diupayakan agar pemanfaatannya dapat maksimal serta berwawasan lingkungan.

"Kabupaten Pesawaran, kini tercatat sekitar 37 pulau yang terus di dalam pengawasan, sedangkan pulau yang sudah ada penghuninya juga terus dilakukan pembinaan kepada warganya agar dapat menjaga lingkungan dan kelestariannya," ujar dia.

Dari puluhan pulau tersebut, sambung dia, terdapat gugusan pulau-pulau yang diantaranya Pulau Legundi di mana terdapat Legundi Besar, Kecil, Pulau Siuncal, Umang-umang yang juga merupakan penakaran kera serta Pulau Pahawang dan pulau lainnya yang memiliki keindahan alam yang dapat dijadikan wisata bahari di darah itu.

"Kepulauan tersebut terletak di dua kecamatan yang ada pada Kabupaten Pesawaran yang diantaranya adalah Kecamatan Padangcermin dan Punduhpidada," terang dia.

Daerah tersebut, tambah dia, di samping memiliki perbukitan dan pegunungan juga memiliki pulau-pulau yang berada di sekitar pantainya yang menambah kekayaan alam di daerah tersebut.

Sebagai daerah pesisir di Kabupaten Pesawaran, lanjut dia, wilayah itu mempunyai potensi kepulauan yang masih lestari dan panorama indah yang tidak kalah menariknya dengan wisata bahari di daerah lain.

Untuk itulah, papar dia, pihaknya akan terus melakukan pengembangan di bidang pariwisata dengan memanfaatkan wisata bahari yang ada di daerah setempat.

"Kami juga mengajak para investor untuk dapat berpartisipasi dalam pengembangan sektor pariwisata yang kaya akan potensi alam dan layak untuk dikembangkan," terang dia.

Sedangkan, lanjut dia, pulau-pulau yang dapat dikembangkan sebagai kawasan wisata bahari antara lain, Pulau Legundi, Pulau Pahawang, Pulau Tegal, Pulau Balak dan Lunik, Tanjung Putus, Siuncal, Umang-umang serta puluhan pulau lainnya.

Berdasarkan data Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesawaran daerah itu memiliki pulau sekitar 50 pulau dari 150 pulau yang ada di Provinsi Lampung.(*)
(ANT-050/R009)



Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010