Saya adalah seorang anak muda dengan kepala botak jadi saya hanya berperan sebagai mucikari, mesum, pemukul wanita dan penganiaya anak
Jakarta (ANTARA) - Gavin MacLeod, yang berperan sebagai penulis berita pada komedi situasi klasik AS tahun 1970-an "The Mary Tyler Moore Show" dan kapten kapal pesiar yang ramah di "The Love Boat", meninggal pada hari Sabtu dalam usia 90 tahun.

Keponakannya, Mark See, mengkonfirmasi kematiannya ke Variety. Tidak ada penyebab kematian yang diberikan, katanya, tetapi kesehatan MacLeod telah menurun dalam beberapa bulan terakhir.

MacLeod sering berperan sebagai penjahat di TV sebelum berperan sebagai Murray Slaughter di "The Mary Tyler Moore Show," yang ditayangkan di CBS dari 1970-1977 dan merupakan salah satu acara paling dihormati dalam dekade ini, memenangkan 29 Penghargaan Emmy.

Baca juga: Aktor "The Sound of Music" Christopher Plummer meninggal

Setelah "The Mary Tyler Moore Show," MacLeod ambil bagian sebagai peran utama Kapten Merrill Stubing di serial ABC "The Love Boat," yang berlangsung selama 10 musim dari 1977-1987.

Serial tersebut, yang menampilkan bintang tamu di setiap episode sebagai penumpang yang mencari romansa di atas kapal pesiar, bukanlah favorit kritikus - pengulas New York Times pernah menyebutnya "bubur yang mengerikan" - tetapi sering kali lucu dan populer di kalangan pemirsa .

"Saya ingat kritikus TV mengatakan, 'Bagaimana Anda bisa melakukannya?'" MacLeod mengatakan kepada Entertainment Weekly pada tahun 1997, mengacu pada lompatannya dari "The Mary Tyler Moore Show" ke "The Love Boat." "Tapi aku menyukainya. Aku berkata, 'Ini akan menjauhkan orang dari beban hidup sehari-hari. Itu akan memberi mereka sesuatu untuk diimpikan.'"

MacLeod juga memiliki peran reguler dalam komedi situasi Perang Dunia Kedua "McHale's Navy" dari tahun 1962 hingga 1964 tetapi sering memerankan orang jahat seperti karakter bernama Big Chicken dalam drama kriminal "Hawaii Five-O".

Baca juga: Aktor "Saved by the Bell" Dustin Diamond meninggal karena kanker

Dia muncul dalam peran pendukung dalam beberapa film terkemuka juga termasuk "Kelly's Heroes" (1970), dengan Clint Eastwood dan Telly Savalas, dan "Operation Petticoat" (1959) dengan Cary Grant dan Tony Curtis.

Ia lahir sebagai Allan See pada 28 Februari 1931, di Mount Kisco, New York. Untuk karir bisnis pertunjukannya, dia mengubah nama depannya menjadi Gavin karena dia menyukainya dan nama belakangnya menjadi MacLeod sebagai penghargaan untuk guru akting kampusnya.

"Saya adalah seorang anak muda dengan kepala botak jadi saya hanya berperan sebagai mucikari, mesum, pemukul wanita dan penganiaya anak," kata MacLeod kepada majalah People pada tahun 1978.

Itu berubah selamanya setelah dia berperan di "The Mary Tyler Moore Show" sebagai penulis berita untuk stasiun TV fiksi Minneapolis, bergabung dengan pemeran berbakat termasuk Moore, Ed Asner, Ted Knight, Betty White, Valerie Harper dan Cloris Leachman.

Baca juga: Sean Connery, mantan aktor James Bond meninggal dunia

Beberapa momen terbaik karakternya datang saat berinteraksi dengan penyiar Knight Ted Baxter dan dengan "Happy Homemaker" Sue Ann Nivens.

Di "The Love Boat", dia main bareng Fred Grandy, yang kemudian menjabat sebagai anggota kongres AS, Bernie Kopell, Ted Lange, Lauren Tewes, dan Jill Whelan. Sebagai Kapten Stubing, dia mengenakan topi kapten putih dan pakaian kapten putih, seringkali dengan celana pendek putih yang tidak menarik.

Pertunjukan itu diisi oleh aliran bintang tamu yang tampaknya tak ada habisnya, dari beberapa pemain yang paling dilupakan saat itu hingga beberapa nama besar dari masa lalu Hollywood.

MacLeod berjuang melawan alkoholisme selama karirnya dan menjadi seorang Kristen yang taat, membintangi film bertema Kristen "The Secrets of Jonathan Sperry" pada tahun 2009.

Dia memiliki empat anak dari pernikahan pertamanya, yang berakhir dengan perceraian, dan tiga anak tiri dari pernikahan keduanya. (Pelaporan oleh Will Dunham; Penyuntingan oleh Bill Trott dan Daniel Wallis), demikian Reuters dikutip Minggu.

Baca juga: Aktor Ng Man-tat "Shaolin Soccer" meninggal dunia

Baca juga: Aktor Wawan Wanisar meninggal dunia

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021