Jakarta (ANTARA) - KBRI Mexico City bersama Universitas Anahuac Cancun, Jurusan Pariwisata dan Gastronomi, menyelenggarakan kelas memasak untuk mempromosikan gastronomi Indonesia pada 28 Mei waktu setempat.

Acara tersebut mengusung tema "Memasak Bersama Diplomat Indonesia" dan dibawakan oleh Eva Triana Sari, Counsellor Fungsi Pensosbud KBRI Mexico City, menurut keterangan tertulis KBRI Mexico City yang diterima di Jakarta, Minggu.

Dua resep yang diangkat oleh Eva adalah gado-gado dan soto ayam.

Acara memasak bertempat di Universitas Anahuac Cancun, dihadiri di lokasi oleh sebagian mahasiswa gastronomi Universitas Anahuac Cancun dan disiarkan secara secara langsung melalui Facebook, yang disaksikan sekitar 179 pegiat kuliner.  

Sebastien Vieilletoile, juru masak utama asal Perancis dari Universitas Anahuac Cancun, turut mempromosikan kedua resep kuliner Indonesia, yang proses pembuatannya diperagakan oleh Eva bersama dengan Tim Fungsi Pensosbud KBRI Mexico City.

Dalam menjalankan program pendidikannya, Universitas Anahuac Cancun bekerja sama dengan Le Cordon Bleu, institusi gastronomi terkemuka di Perancis.

Gado-gado merupakan resep pertama yang didemonstrasikan, dilanjutkan dengan soto ayam.

Sebanyak enam mahasiswa mengikuti praktik resep tersebut, yang dilombakan serta dipilih siapa yang dapat memasak mendekati cita rasa soto ayam Indonesia.

Arturo Guerrero, mahasiswa Anahuac jurusan gastronomi semester 6, dinyatakan sebagai pemenang dan mendapatkan hadiah yang disiapkan oleh KBRI Mexico City.

"Saya sangat mengagumi budaya Asia, saya belum pernah ke Asia tapi dengan acara ini meningkatkan tekad saya untuk pergi kesana belajar dan mendalami kuliner Asia, khususnya Indonesia”, ujarnya.

Meskipun acara kelas memasak tersebut telah selesai pada 28 Mei 2021, KBRI Mexico City masih menyelenggarakan lomba yang lain, yaitu lomba vlog tutorial kuliner Indonesia.

KBRI Mexico City menunggu hasil video tutorial kuliner Indonesia oleh mahasiswa Anahuac Cancun melalui media sosial KBRI sampai dengan 1 Juni 2021.

Beberapa mahasiswa, meskipun bukan menjadi pemenang dalam acara lomba memasak soto ayam, tetap semangat dan masih ingin mengikuti lomba vlog tutorial kuliner Indonesia, menurut keterangan KBRI. 

Baca juga: Produk Automation Robotic Indonesia Bersaing di Pasar Meksiko

Baca juga: Lewat gastronomi, KJRI Marseille promosikan Indonesia di Paris Store

Baca juga: Ubud dipersiapkan jadi destinasi wisata gastronomi standar dunia


 

Mengenal budaya Prancis melalui gastronomi


 

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2021