Kemarin, strategi RI di Presidensi G20 hingga perginya Morgan Stanley

Kemarin, strategi RI di Presidensi G20 hingga perginya Morgan Stanley

Logo PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. ANTARA/bumntrack.com

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak lima berita ekonomi yang disiarkan Kantor Berita ANTARA pada Minggu (30/5) telah menarik perhatian pembaca, mulai dari strategi RI memimpin Presidensi G20 hingga soal hengkannya broker saham global Morgan Stanley dari Indonesia.

Berikut rangkuman lima berita tersebut beserta tautan untuk membaca berita selengkapnya

MENKO AIRLANGGA UNGKAP 5 STRATEGI RI PIMPIN PRESIDENSI G20


Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkap lima strategi Indonesia dalam memimpin forum Sherpa Track G20 pada 2022 mendatang.

Pandemi COVID-19 menambah kompleksitas tantangan yang dihadapi oleh forum ini dan juga ekspektasi bahwa Indonesia akan memimpin langkah strategis untuk mengatasi dampak pandemi, katanya di Jakarta, Minggu.

Airlangga menyebutkan lima nilai strategis bagi Indonesia dalam memegang Presidensi G20 yaitu sinergi antara Indonesia dan dunia internasional dalam mendukung upaya pemulihan ekonomi global dan nasional dari pandemi COVID-19.

Baca di sini

 

PRESIDEN TETAPKAN AIRLANGGA JADI KETUA PRESIDENSI G20 INDONESIA

Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto untuk memimpin Sherpa Track G20 melalui Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Panitia Nasional Penyelenggara Presidensi G20 Indonesia pada 27 Mei 2021.

Untuk mengoptimalkan posisi Indonesia sebagai penyelenggara Presidensi G2O Indonesia Tahun 2022 perlu dibentuk Panitia Nasional yang akan melakukan serangkaian kegiatan berupa berbagai pertemuan dan Konferensi Tingkat Tinggi.

Pada KTT G20 ke-15 di Riyadh, Arab Saudi tanggal 22 November 2020, Indonesia ditetapkan sebagai Presidensi G20 tahun 2022.

Baca di sini


PLN RAUP LABA BERSIH RP5,99 TRILIUN DAN TURUNKAN RASIO BEBAN UTANG

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) membukan laba bersih sebesar Rp5,99 triliun pada 2020, atau naik Rp1,6 triliun dibandingkan laba bersih tahun sebelumnya sekitar Rp4,3 trilun.

Selain itu, perseroan juga mengklaim berhasil menurunkan jumlah rasio utang kena bunga atau interest bearing debt menjadi sebesar Rp452,4 triliun. Pencapaian itu ditopang aksi korporasi berupa pelunasan pinjaman sebelum jatuh tempo sekitar Rp30 triliun segera setelah diperoleh kompensasi.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PLN Sinthya Roesly dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, menjelaskan pelunasan pinjaman sebelum jatuh tempo dilakukan seiring dengan telah diterimanya piutang kompensasi dari pemerintah untuk tahun 2018 dan 2019 dengan total sebesar Rp45,4 triliun, serta penerbitan Global Medium Term Notes (GMTN) sebesar 1,5 miliar dolar AS pada Juni 2020.

Baca di sini

 

PENGAMAT: HENGKANGNYA BROKER ASING HARUS JADI PERHATIAN SERIUS

Pasar saham Indonesia kembali kehilangan momentum untuk bangkit di tengah pandemi COVID-19, menyusul hengkangnya broker global Morgan Stanley dari aktivitas transaksi saham di Indonesia.

Mundurnya Morgan Stanley Sekuritas harus menjadi perhatian serius semua pihak karena bisa ditengarai sebagai ketidakpuasan investor terkait penegakan hukum di Indonesia, seperti penanganan kasus Jiwasraya dan Asabri.

Perusahaan skala global menarik diri dari pasar saham bisa menjadi sinyal penegakan hukum harus dilakukan dengan sangat hati-hati agar tidak mengganggu perekonomian dan dunia usaha, kata pengamat hukum dari Universitas Al-Azhar (UAI), Suparji Ahmad dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu

Baca di sini


WIKA CATAT LABA BERSIH KUARTAL I TAHUN INI RP105 MILIAR

PT WIJAYA KARYA (Persero) Tbk. atau WIKA sebagai BUMN karya terus berupaya untuk meneruskan tren kinerja positif pada tahun 2021 dengan mencatat laba bersih Kuartal pertama tahun ini sebesar Rp105 miliar.

Direktur Utama WIKA, Agung Budi Waskito menyampaikan bahwa capaian ini menjadi bekal perusahaan untuk menjaga aktivitas produksi WIKA ke depan. Manajemen juga telah merumuskan sejumlah strategi untuk menjaga keberlanjutan usaha Perseroan.

Kami percaya bahwa kunci untuk menjaga Perusahaan tetap berada pada posisi positif adalah dengan memastikan kondisi kesehatan setiap karyawannya agar tetap produktif. Perusahaan juga fokus pada kondisi likuiditas keuangan melalui monitoring cash flow secara berkala dan penerapan efisiensi di semua lini, ujar Agung Budi Waskito dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Baca di sini

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ahok disebut jadi kandidat Kepala Badan Otorita IKN

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar