Tren ini tentu menggembirakan. Apalagi, jika bicara mesin (mobil) baru di Amerika dan Eropa, sudah menggunakan Euro 5 dan Euro 6.
Jakarta (ANTARA) - Pengamat otomotif Mukiat Sutikno mengatakan kesadaran masyarakat khususnya pemilik kendaraan bermotor untuk menggunakan bahan bakar minyak (BBM) berkualitas tinggi semakin meningkat.

“Tren ini tentu menggembirakan. Apalagi, jika bicara mesin (mobil) baru di Amerika dan Eropa, sudah menggunakan Euro 5 dan Euro 6. Tentunya partikel dari bahan bakarnya jauh lebih bersih,” ujarnya di Jakarta, Senin,  menanggapi peningkatan konsumsi bahan bakar berkualitas  pascalarangan mudik Lebaran.

Berdasarkan data Satgas Ramadhan Idul Fitri (RAFI) Pertamina, konsumsi Pertamax Series dan Dex Series rata-rata berada di atas angka 11 persen. Di sisi lain, penggunaan BBM dengan RON paling rendah (RON 88) pun saat ini hanya tinggal 10 persen.

Baca juga: Harga minyak dunia naik, BBM Pertamina dinilai masih kompetitif

Menurut Mukiat, terdapat sejumlah keuntungan jika memakai BBM berkualitas. Pertama, penggunaan BBM RON tinggi akan membuat mesin kendaraan berumur panjang dan tak cepat mengalami gangguan. Kedua, performa mesin lebih baik dan lebih menghemat penggunaan bahan bakar.

“Manfaat lain, menjaga lingkungan agar tetap bersih terutama mengurangi polusi udara,” katanya dalam keterangannya.

Penggunaan bahan bakar RON 92 ke atas juga akan meningkatkan kemampuan mesin yang memiliki kapasitas kecil, seperti 1.000 cc - 1.500 cc. Mesin ini akan menghasilkan power yang cukup besar.

Baca juga: Kementerian ESDM dorong Pertamina dirikan 10.000 Pertashop

BBM dengan RON tinggi akan menguntungkan bagi konsumen. "Small engine size bisa menghasilkan tenaga mesin yang besar,” katanya.

Sebaliknya, penggunaan BBM berkualitas rendah akan membuat gangguan pada mesin kendaraan, meskipun mesin kendaraan baru. “Akan mengganggu performa mesin semaksimal mungkin. Mesin jadi tidak awet. Makanya, saya sarankan memakai BBM berkualitas tinggi,”

Terakhir, Mukiat berharap  Pertamina selaku produsen BBM di Tanah Air agar terus menjaga ketersediaan BBM berkualitas tinggi hingga pelosok negeri

Pewarta: Subagyo
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021