Jakarta (ANTARA) - Lebih 100 warga RW 03 Ciracas, Jakarta Timur, yang wilayahnya menjadi klaster COVID-19 telah menerima vaksin tahap pertama.

Lurah Ciracas Rikia Marwan mengatakan pemberian vaksin kepada warga di wilayah tersebut dilakukan setelah diketahui terdapat 36 kasus positif COVID-19 hingga membuat diterapkan kebijakan mikro karantina (lockdown).

"Setelah mereka dirawat yang 36 orang itu, besoknya kita langsung PCR ke seluruh warga yang ada di RT 06 RW 03, hasilnya Alhamdulillah negatif. Habis itu dilanjutkan dengan vaksin kepada warga usia 18 tahun ke atas khusus di RT 06 RW 03 saja dan zona mikro 'lockdown'," kata Rikia saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Rikia menambahkan awalnya ditargetkan sebanyak 200 warga RW 03 yang menerima vaksin COVID-19. Namun dia mengatakan dalam pelaksanaannya terdapat beberapa warga yang telah menerima vaksin COVID-19.

"Yang sudah divaksin lebih dari 100 karena dari target 200 ternyata sudah ada warga yang sebelumnya sudah vaksin, seperti lansia, pengurus RT/RW, atau mungkin dari kantor dan instansinya," ujar Rikia.

Rikia mengatakan bahwa selanjutnya warga RW 03 Ciracas yang telah divaksin tersebut tengah menunggu jadwal penyuntikan vaksin COVID-19 dosis kedua.

"Nanti selanjutnya mereka tinggal ke tempat yang di rujuk untuk vaksin kedua," kata Rikia.
Baca juga: Jumlah warga positif COVID-19 di Ciracas tersisa lima orang
Baca juga: Polisi temukan 10 warga Ciracas positif COVID-19

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021