Kebijakan tiga anak di China dorong saham Hong Kong menguat

Kebijakan tiga anak di China dorong saham Hong Kong menguat

Seorang pria melihat panel monitor yang menampilkan Indeks Bursa Saham Hong Kong, China. ANTARA/REUTERS/Tyrone Siu.

Jakarta (ANTARA) - Saham Hong Kong naik tipis pada Senin, menyusul kebijakan baru tiga anak di China yang mendorong kenaikan harga saham dari perusahaan yang terkait dengan masalah kelahiran dan kesuburan.

Indeks Hang Seng naik 0,1 persen menjadi 29.151,80, sedangkan indeks Hang Seng China Enterprises (HSCE) naik 0,9 persen menjadi 10.889,12 poin.

Memimpin kenaikan, indeks perawatan kesehatan Hang Seng melonjak 4,1 persen sementara indeks IT Hang Seng naik 3,6 persen.

Nilai saham perusahaan yang terkait dengan kelahiran dan kesuburan yang terdaftar di China daratan dan di Hong Kong melonjak, setelah pemerintah China mengatakan pasangan yang sudah menikah dapat memiliki hingga tiga anak. Perubahan besar dari kebijakan pembatasan dua anak dilakukan setelah data terbaru menunjukkan penurunan dramatis dalam kelahiran di negara terpadat di dunia itu.

Saham-saham perusahaan Suzhou Basecare Medical Corp Ltd, Jinxin Fertility Group Ltd, Aidigong Maternal & Child Health Ltd dan Goodbaby International Holdings Ltd melonjak antara 15,1 persen hingga 30,9 persen.

Saham perusahaan raksasa jasa pengiriman makanan Cina Meituan ditutup 10,9 persen lebih tinggi, setelah perusahaan yang didukung Tencent itu pada hari Jumat melaporkan pendapatan kuartalan yang lebih baik dari perkiraan.

Selama bulan Mei 2021, indeks Hang Seng naik 2,3 persen, sementara HSCE menguat 0,6 persen, karena kekhawatiran inflasi menurun baik di dalam maupun luar negeri.

Data yang lemah di China baru-baru ini juga meredakan kekhawatiran pengetatan kebijakan yang telah membebani pasar.

Aktivitas pabrik China sedikit melambat di bulan Mei karena biaya bahan baku tumbuh pada laju tercepatnya dalam lebih dari satu dekade, membebani output perusahaan kecil dan berorientasi ekspor.

Baca juga: Saham Hong Kong ditutup datar, catat minggu terbaik lebih dari 3 bulan
Baca juga: Saham Hong Kong turun tertekan pelemahan material, uang kripto merosot
Baca juga: Saham Hong Kong ditutup untung, ditopang kenaikan sektor konsumen


Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Waskita Karya jual saham tol di Sumut ke investor Hong Kong Rp824 miliar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar