Pelantikan pemenang pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Supiori 2020 atas permintaan dan persetujuan dari Gubernur Papua.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik Yan Imbab dan Nichodemus Ronsumbre sebagai Bupati dan Wakil Bupati Supiori.

Mendagri Tito Karnavian di Jakarta, Senin, melantik Bupati Supiori di Gedung C Sasana Bhakti Praja Kantor Kemendagri. Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Supiori ini merupakan kelanjutan dari hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

"Pelantikan ini merupakan puncak dari pesta demokrasi tersebut," kata Mendagri.

Mendagri mengatakan bahwa Yan Imbab dan Nichodemus Ronsumbre yang memenangi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Supiori 2020 merupakan hasil pilihan masyarakat setempat.

Mereka yang terpilih mendapat legitimasi yang kuat dari masyarakat. Oleh karena itu, Mendagri berharap pasangan ini mendapat dukungan dari masyarakat, terutama dalam melaksanakan tugasnya sampai akhir masa jabatan.

Baca juga: DKPP berhentikan Ketua KPU Kabupaten Supiori

Mendagri menjelaskan bahwa pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Supiori  di Kemendagri merupakan sesuatu yang sah secara konstitusi.

Pasalnya, Gubernur/Wakil Gubernur Papua berhalangan untuk melantik mereka. Gubernur Papua sendiri saat ini tengah menjalani perawatan kesehatan.

Pelantikan tersebut, kata Mendagri, dilakukan atas permintaan dan persetujuan dari Gubernur Papua.

“Jadi, proses ini, proses konstitusional,” kata Mendagri.

Selain itu, Mendagri Tito juga melantik Yimin Weya sebagai Penjabat Bupati Boven Digoel merupakan respons atas dinamika hasil Pilkada 2020 di daerah tersebut yang saat ini masih berlangsung. Yimin dipilih berdasarkan usulan dari Gubernur Papua dan disetujui Kemendagri setelah melalui kajian.

Mendagri meminta kepercayaan yang diberikan Pemerintah Provinsi Papua maupun pemerintah pusat kepada Yimin dapat dipegang secara baik, terutama dalam memastikan pelayanan publik dan pelayanan administrasi pemerintah agar tetap berjalan.

Baca juga: Polisi amankan uang sebesar Rp450 juta jelang pencoblosan di Supiori

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021