Kami sudah melakukan koordinasi internal, dengan pertimbangan isu kesehatan dalam situasi dan kondisi pandemi saat ini, sehingga memang harus berpindah lokasi dan waktu pelaksanaannya
Jakarta (ANTARA) - Penyelenggaraan Musyawarah Nasional (Munas) VIII Kadin dipastikan akan diselenggarakan di Kendari, Sulawesi Tenggara pada 30 Juni 2021, bergeser dari rencana awal yang semula akan digelar di Bali pada 2-4 Juni 2021.

Ketua Penyelenggara Munas VIII Kadin Adisatrya Sulisto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, mengatakan pelaksanaan Munas Kadin tertunda karena pertimbangan isu kesehatan.

Hal itu juga didasarkan pada arahan pemerintah untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19 seusai Hari Raya Idul Fitri dan menghindari potensi mobilitas/kerumunan manusia dalam jumlah besar.

"Kami sudah melakukan koordinasi internal, dengan pertimbangan isu kesehatan dalam situasi dan kondisi pandemi saat ini, sehingga memang harus berpindah lokasi dan waktu pelaksanaannya. Keputusan mengenai hal ini sudah ditetapkan," katanya.

Adi mengatakan hal-hal lain terkait perubahan tersebut akan menyesuaikan lebih lanjut. Pelaksanaan Munas kali ini akan dilakukan secara hibrid, baik secara langsung di lokasi maupun daring.

"Memang ada pembatasan untuk peserta dan peninjau. Kami harapkan nanti Munas bisa terlaksana dengan kondusif," tambahnya.

Adi berharap semua pihak bisa menerima atas perubahan tersebut. Adanya pembatasan pun diharapkan tidak akan mengurangi nilai dari penyelenggaraan agenda lima tahunan Munas Kadin.

Pelaksanaan Munas nantinya akan dihadiri sekitar 300 orang terdiri dari unsur peserta, peninjau, pemerintah dan panitia.

Seperti diketahui, selain membahas mengenai kebijakan organisasi, dunia usaha dan perekonomian nasional, Munas Kadin juga mengagendakan pemilihan Ketua Umum Kadin Indonesia berikutnya untuk periode 2020-2025.

Baca juga: Arsjad Rasjid nyatakan siap hadiri Munas VIII Kadin di Kendari
Baca juga: Kadin Jatim protes pemindahan lokasi Munas ke-VIII ke Kendari
Baca juga: Sultra dipercaya jadi tuan rumah Munas VIII Kadin 2021

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021