Sulut bertumbuh 1,87 persen di semester pertama tahun ini
Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan, perekonomian daerah berpenduduk lebih dari 2,6 juta jiwa itu tumbuh 1,87 persen.

“Kita tahu persis dalam situasi pandemi COVID-19 ini sektor pertanian menopang pertumbuhan ekonomi yang ada di Provinsi Sulut, pertumbuhan ekonomi di Sulut bertumbuh 1,87 persen di semester pertama tahun ini," ujar Gubernur Olly Dondokambey saat menghadiri Dies Natalis ke-61 Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) sekaligus pelepasan ekspor komoditas ke belasan negara, di Manado, Senin.

Kecenderungan positif pertumbuhan ekonomi tersebut, sektor pertanian menyumbangkan sekitar 23 persen dibandingkan dengan sektor-sektor lainnya.

"Tentunya ini sangat membanggakan dari 10 provinsi yang pertumbuhan ekonominya positif, Sulut berada di rangking kelima dan pertumbuhan ekonomi kita merata di 15 kabupaten kota," katanya.

Baca juga: Nilai ekspor komoditas pertanian Sulut meningkat 170 persen

Gubernur mengatakan, Pemprov Sulut dalam program kerja RPJMD pada 2021 sampai 2026 menargetkan meningkatkan infrastruktur pertanian serta memperbaiki irigasi.

Selain itu, telah dipersiapkan juga peraturan daerah irigasi guna menunjang program pertanian di daerah ini.

Gubernur juga berharap ke depan Faperta Unsrat semakin mantap dalam memberi kontribusi terhadap pelaksanaan visi pembangunan daerah, selain itu menciptakan sumber daya manusia unggul dan berkualitas.

Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat Msc, DEA berharap Fakultas Pertanian semakin maju dan hebat, ditandai dengan lulusannya semakin berperan di tengah masyarakat bahkan dapat menciptakan lapangan kerja untuk semakin terwujudnya bangsa yang kuat.

Baca juga: Sulut mengekspor langsung potensi perikanan 4,2 ton ke Singapura

“Universitas Sam Ratulangi telah mengambil langkah melalui penyesuaian kurikulum pendidikan tinggi untuk menghasilkan pembelajaran yang baik dengan mengintegrasikan 'hard skill' dan 'soft skill' secara berimbang,” tuturnya.
 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021