Kami berharap penguatan kompetensi guru yang terus kami lakukan, termasuk kontes kreativitas mengajar secara daring ini, dapat menjaga kualitas pendidikan vokasi di Indonesia ...
Jakarta (ANTARA) - Produsen sepeda motor nasional, PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2021 untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi industri sepeda motor di tengah belajar secara daring melalui penerapan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) di seluruh Indonesia.

GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan kondisi belajar mengajar secara daring hingga saat ini menjadi tantangan bagi para guru untuk terus memberikan materi ajar dengan metode yang menarik dan mudah dipahami agar proses belajar bisa optimal.

"Kami berharap penguatan kompetensi guru yang terus kami lakukan, termasuk kontes kreativitas mengajar secara daring ini, dapat menjaga kualitas pendidikan vokasi di Indonesia dan mencetak siswa-siswi SMK berkualitas dalam bidang otomotif roda dua,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Selasa.

Baca juga: FIFGroup dan Astra gulirkan pembiayaan UMKM Rp1,4 miliar

Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2021 diselenggarakan pada periode Juni-Agustus 2021 dan diikuti 3.462 guru dari 687 SMK binaan yang mengimplementasikan Kurikulum TBSM Astra Honda di 34 provinsi.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kata dia, para guru kini ditantang untuk kreatif membuat video tutorial menarik dan mudah dipahami terkait teknologi sepeda motor Honda.

Para guru tersebut, lanjut Muhibbuddin, dinilai dari beberapa aspek seperti cara mengajar, intonasi serta pemilihan bahasa yang jelas, dan kelugasan dalam proses mengajar.

"Dalam pengujian proses mengajar, para guru peserta kontes wajib membuat bahan ajar dan membawakan materi ajar yang sesuai kurikulum TBSM dengan durasi 30 menit," katanya.

Baca juga: Honda dikabarkan akan luncurkan Honda Transalp

Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2021 dapat diikuti para guru dari sekolah maupun rumah masing-masing. Peserta adalah guru di SMK yang mengimplementasikan Kurikulum TBSM Astra Honda dan sudah dapat Pelatihan Guru Modul Dasar.

Para peserta, kata Muhibbuddin, dinilai dari materi ajar yang dibuat, cara membawakan materi, dan kesesuaian materi ajar dengan kurikulum. Sedangkan untuk video tutorial terkait teknologi sepeda motor Honda, penilaian dilihat dari sisi kualitas video, konten video, cara mempresentasikan serta narasi dalam video dengan durasi 10 menit.

Para peserta akan diseleksi bertahap dari tingkat sekolah dan regional hingga terseleksi 27 guru SMK terbaik dari seluruh Indonesia. Mereka akan mendapatkan pengayaan kompetensi pembelajaran secara daring dari tim Learning Center AHM.

Pada tingkat nasional, penilaian akan melibatkan tim juri yang terdiri dari para profresional trainer, tim technical AHM, tim Learning Center AHM, serta juri dari kalangan profesional untuk video tutorial.


 

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021