Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mendorong para pelaku industri untuk memaknainya dengan berorientasi untuk memajukan Indonesia dengan membangun Sumber Daya Manusianya, meningkatkan nilai tambah dari hasil alam untuk memperkuat struktur industri nasional.

“Buat saya, Pancasila itu Indonesia banget, jadi dalam konteks Hari Lahir Pancasila, untuk memaknainya pelaku industri harus berorientasi memajukan Indonesia dengan cara membangun SDMnya, meningkatkan nilai tambah dari hasil alam Indonesia untuk memperkuat struktur industri kita,” kata Menperin kepada Antara di Jakarta, Selasa.

Menperin menambahkan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, bahwa pada sektor industri, revolusi industri 4.0 harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

 

“Tadi pagi Pak Jokowi mengatakan, kalau revolusi industri 4.0 harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk pendalaman nilai-nilai Pancasila,” pungkas Menperin.

 

Sementara itu, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) Adhi Lukman menyampaikan bahwa Pancasila sebagai dasar falsafah yang sangat baik dalam memberi nuansa kebangsaan, sehingga pelaku ekonomi akan merasa nyaman dalam menjalankan usahanya.

 

“Maka dari itu, Hari Lahir Pancasila menjadi momentum mengingatkan semua komunitas bangsa untuk menjalankan falsafah Pancasila dengan baik. Sehingga, ekonomi dapat berjalan dengan baik untuk mensejahterakan bangsa,” tukas Adhi.

 

Adhi menambahkan, falsafah Pancasila juga perlu diwujudkan dalam menjalankan bisnis praktis, misalnya saling bertoleransi dan menjaga keamanan dan kedamaian, sehingga masyarakat dapat berkarya dengan aman dan produktif.

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021