Kupang (ANTARA) - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) membagikan kaos Merah-Putih kepada warga perbatasan di warga Desa Eban dan Desa Sallu Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur.

Komandan Satgas RI-Timor Leste Sektor Barat Yonarmed 6/3 Kostrad Letkol Arm Andang Radianto dalam keterangan yang diterima, Selasa, mengatakan kegiatan pembagian kaos dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang ke-76 pada 1 Juni 2021.

"Kita memperingati hari lahir Pancasila ini dengan membagikan kaos Merah-Putih untuk menggugah rasa nasionalisme warga, khususnya di wilayah perbatasan negara," katanya.

Baca juga: Angkut ribuan buku, Satgas RI-Timor Leste buka perpustakaan keliling

Selain kaos Merah-Putih, pihaknya juga membagikan pakaian yang layak dipakai secara gratis kepada di wilayah beranda Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) itu.

Radianto mengatakan pembagian pakaian ini di sisi lain juga untuk mempererat tali persaudaraan antara anggota satgas dan warga yang sudah terjalin dengan baik.

"Semoga dengan dibagikannya kaos Merah-Putih ini dapat menggugah rasa nasionalisme warga diperbatasan sekaligus mempererat tali persaudaraan TNI dengan warga di perbatasan," ujarnya.

Baca juga: Satgas Pamtas RI-Timor Leste gelar patroli BBM di Timor Tengah Utara

Sementara itu, tokoh adat Desa Sallu Yohanis L Fallo mengapresiasi cara Satgas Pamtas merayakan Hari Pancasila dengan membagikan kaos Merah-Putih kepada warga untuk memperkuat rasa nasionalisme.

"Warga tentu menyambut gembira kegiatan ini, apalagi selama ini bapak-bapak tni dari Satgas sudah banyak membantu kami," katanya.

"Kami juga mengucapkan selamat hari kelahiran Pancasila, dengan kegiatan ini kami menjadi lebih peduli dan sadar tentang nasionalisme dan semakin menghormati Ideologi negara kita yaitu Pancasila," katanya.

Baca juga: Satgas Pamtas buka dapur umum bantu korban bencana di Malaka

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021