Pelindo II bantu pengolahan sampah di Kepulauan Seribu

Pelindo II bantu pengolahan sampah di Kepulauan Seribu

General Manager PT Pelindo II (Persero) Cabang Pelabuhan Sunda Kelapa Kurnia Jaya (kedua kanan) menyerahkan bantuan PT Pelindo II (Persero) kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu yang diwakili Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Kabupaten Kepulauan Seribu Endro M Prabowo (kedua kiri) disaksikan oleh Ketua Dewan Kabupaten Kepulauan Seribu Robin (kanan belakang) di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Rabu (2/6/2021). ANTARA/Abdu Faisal.

Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II (Persero) atau Indonesia Port Corporation (IPC) membantu pengolahan sampah menjadi energi terbarukan di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta.

Bantuan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu senilai Rp499 juta. Menurut General Manager PT Pelindo II (Persero) Cabang Pelabuhan Sunda Kelapa, Kurnia Jaya diserahkan dalam dua tahap, yaitu pertama sebesar Rp190.352.000 dan kedua sebesar Rp309.400.000.

“Bantuan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kepulauan Seribu dengan memanfaatkan program daur ulang (recycling) sampah plastik menjadi bahan bakar untuk keperluan nelayan dan masyarakat di sekitar Kepulauan Seribu,” ujar Kurnia saat ditemui ANTARA di Kepulauan Seribu, Rabu.

Bantuan PT Pelindo II digunakan untuk membangun rumah mesin beserta unit mesin pengolahan limbah rumah tangga menjadi bahan bakar minyak (BBM) jenis solar yang dapat digunakan nelayan untuk melaut.

Kurnia mengatakan Kepulauan Seribu merupakan wilayah CSR dari IPC Cabang Sunda Kelapa. Bantuan tersebut diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu melalui Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Kabupaten Kepulauan Seribu Endro M Prabowo disaksikan oleh Ketua Dewan Kabupaten Kepulauan Seribu Robin di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu.

Program CSR PT Pelindo II tersebut merupakan bantuan yang ketiga kalinya di Pulau Untung Jawa. Sebelumnya ada juga penyaluran bantuan acropora untuk kegiatan transplantasi terumbu karang serta pemasangan ikon Sakura dan tulisan "Selamat Datang" di Pulau Untung Jawa.
Baca juga: Pemkab Kepulauan Seribu bentuk 24 LPS tingkat RW
Baca juga: Sudin LH Kepulauan Seribu kumpulkan sampah 28 ton

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumbar undang swasta berinvestasi dalam teknologi olah sampah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar