Jakarta (ANTARA) - Devin Booker membukukan 30 poin, tujuh rebound dan lima assist guna mengantarkan tuan rumah Phoenix Suns mengatasi Los Angeles Lakers 115-85 pada Selasa malam waktu setempat atau Rabu WIB sehingga mereka kini memimpin 3-2 dalam babak pertama playoff Wilayah Barat.

Cameron Payne menyumbangkan 16 poin setelah masuk dari bangku cadangan dan Suns sempat unggul sampai angka 36 poin ketika mereka mencatat dua kemenangan berturut-turut dalam laga playoffnya ini.

LeBron James mencatat 24 poin, tujuh assist dan lima rebound untuk Lakers yang bermain tanpa Anthony Davis yang menderita cedera selangkangan.

Pertandingan keenam atau Game 6 seri berformat best-of-seven ini akan dimainkan di Los Angeles, Kamis malam waktu setempat atau Jumat WIB.

Baca juga: Anthony Davis cetak 34 poin saat Lakers ungguli tuan rumah Suns
Baca juga: Lakers rebut gim ketiga playoff NBA

Suns kehilangan Chris Paul yang cedera bahu kanannya saat berjuang menciptakan rebound ketika waktu tinggal 6 menit 47 detik kuarter ketiga dan setelah itu tak masuk lagi lapangan. Dia resmi dinyatakan keluar pada kuarter keempat karena memar.

Paul saat itu sudah mencetak sembilan poin, enam assist dan empat rebound selama 23 menit bertanding dalam laga ketika Phoenix membuat 29 assist dan empat kali salah umpan. Sebaliknya Los Angeles membuat 16 kali salah umpan.

Dominasi Suns termasuk unggul sampai 30 poin pada paruh pertama yang merupakan marjin terbesar dalam sejarah playoff, sebaliknya Los Angeles mengalami defisit paruh pertama yang terbanyak kedua. Lakers terungguli Portland Trail Blazers 75-41 pada babak pertama laga playoff 23 April 1992.

Baca juga: Devin Booker cetak 34 poin saat Suns tundukkan Lakers 99-90
Baca juga: Suns samakan kedudukan 2-2 lawan Lakers setelah rampas Gim 4

Mikal Bridges menyumbangkan 13 poin untuk Phoenix yang mencatat efektivitas lemparan 45,7 persen dari dalam bidang lapangan dan berhasil pada 14 dari 42 lemparan tiga angka yang dilepaskan.

Kyle Kuzma mempersembahkan 15 poin untuk Lakers yang hanya memiliki efektivitas lemparan 34,5 persen termasuk 12 dari total 35 lembaran tiga angkanya.

Deandre Ayton membuat Suns memimpin 66-36 pada paruh pertama. Phoenix mengungguli Los Angeles 32-10 dalam total lemparan masuk pada periode ini.

Suns memperlebar keunggulan menjadi 36 poin berkat basket yang diciptakan Booker pada 7 menit 30 detik tersisa kuarter ketiga yang beberapa saat terjadi sebelum Paul mengalami lagi cedera. Namun kehilangan pemimpin lapangan mereka tak mengganggu Phoenix karena tim ini terus memimpin sampai laga berakhir.

Pemain Los Angeles Lakers Kentavious Caldwell-Pope mengalami cedera lutut sebelum ditarik tetapi bermain tanpa mencetak poin selama 15 menit. Dia absen pada Game 4 lalu karena cedera, demikian Reuters.

Baca juga: Nuggets kini memimpin 3-2 atas Blazers
Baca juga: Triple-double James Harden antar Nets ke semifinal Wilayah Timur
Baca juga: Jazz selangkah lagi ke semifinal Wilayah Barat

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021