Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Selatan meminta Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jakarta Selatan melakukan harmonisasi program kerja internal dan eksternal agar kedua program itu berjalan optimal dan seimbang.

"Dari kedua aspek ini saya mengharapkan internal dan eksternal sejalan dan beriringan," kata Pelaksana Tugas Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji ketika membuka rapat kerja Pramuka Jakarta Selatan, Rabu.

Menurut dia, program kerja internal di antaranya meliputi bina muda, organisasi dan manajemen.
Sedangkan program eksternal menyangkut lingkungan hidup, abdi masyarakat, hingga kehumasan.

Isnawa mengatakan apabila pramuka hanya kuat di eksternal, namun di internal tidak optimal maka dikhawatirkan suasana organisasi kurang kuat.

Begitu juga sebaliknya, ia mengibaratkan katak dalam tempurung jika hanya optimal di internal namun tidak dikenal masyarakat.

Dalam rapat yang diadakan secara virtual itu dihadiri Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka DKI Jakarta Fadjar Panjaitan, Asisten Administrasi dan Kesra yang sekaligus Ketua Pramuka Jaksel Sayid Ali dan Suku Dinas Pendidikan Jakarta Selatan.

Kemudian, Suku Dinas Pemuda dan Olahraga Jakarta Selatan hingga ranting Pramuka di Jakarta Selatan.

"Rapat kerja cabang merupakan persiapan untuk merealisasikan program kerja yang akan dilaksanakan baik tingkat cabang dan ranting," imbuh Isnawa.
Baca juga: Pemkot Jaksel minta Dewan Pendidikan bangun karakter SDM
Baca juga: Pemkot Jaksel minta pemudik yang telah balik ke Jakarta jalani tes

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021