Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo meminta jajarannya menyiapkan penyelenggaraan turnamen basket internasional FIBA Asia Cup 2021 dengan sebaik-baiknya.

"Presiden memberi arahan kami mempersiapkan segala sesuatu sebaik-baiknya karena waktu sudah sangat mepet," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali saat memberikan keterangan pers virtual tentang penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2021 dan World Super Bike 2021, seusai rapat terbatas dengan Presiden, di Jakarta, Rabu.

Menpora mengatakan secara garis besar dalam ratas tersebut dirinya beserta menteri terkait melaporkan persiapan penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2021 dan juga World Super Bike 2021 Indonesia Grand Prix.

Baca juga: Panpel terus matangkan persiapan Jakarta tuan rumah FIBA Asia Cup 2021

Terkait penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2021, Menpora menjelaskan bahwa pada Agustus 2021 nanti Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah FIBA Asia Cup 2021 yang akan diikuti negara-negara Asia Pasifik.

"Hal yang perlu saya sampaikan adalah bahwa Tahun 2023 kita sudah ditunjuk menjadi tuan rumah piala dunia basket atau FIBA World Cup. Sementara untuk menjadi peserta harus mengikuti kualifikasi kita harus berjuang keras," ujar Menpora.

Dia mengatakan dengan menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2021, maka kesempatan untuk bisa lolos menjadi peserta FIBA World Cup 2023 semakin terbuka.

Baca juga: Perbasi ajukan tambahan pemain naturalisasi untuk FIBA Asia Cup 2021

Sebab delapan besar peserta FIBA Asia Cup 2021, akan diambil menjadi peserta FIBA World Cup 2023.

"Kalau FIBA Asia Cup 2021 diselenggarakan di Indonesia tentu peluang besar untuk kita. Itu sebabnya kita menggunakan kesempatan sebagai tuan rumah," jelas dia.

Hal lain yang dilaporkan Menpora kepada Presiden adalah kesiapan sarana dan prasarana tim nasional.

Menpora mengatakan apabila berkaca pada Asian Games, timnas Indonesia berada pada posisi 8 besar, sehingga akan sama pada FIBA Asia nanti.

Baca juga: Perbasi akan komunikasikan status COVID-19 peserta FIBA Asia Cup 2021
Baca juga: Persiapan FIBA Asia Cup 2021, timnas basket mulai latihan Mei

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021