Moeldoko: Fungsi dan peran KSP optimal di tengah realokasi anggaran

Moeldoko: Fungsi dan peran KSP optimal di tengah realokasi anggaran

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI di Jakarta, Rabu (2/6/2021). ANTARA/HO-KSP/am.

Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan fungsi dan peran Kantor Staf Presiden tetap optimal di tengah realokasi anggaran.

Menurut Moeldoko, saat menghadiri rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI di Jakarta, Rabu, refocussing dan realokasi anggaran tidak membuat Kantor Staf Presiden mengurangi fungsi dan perannya dalam mendukung dan mengawal program Presiden dan Wakil Presiden.

Terutama melalui pengendalian program prioritas nasional, pengelolaan isu strategis, dan komunikasi politik.

“Hingga Mei 2021, KSP telah melaksanakan monitoring dan evaluasi tujuh agenda pembangunan atau prioritas nasional, terdiri dari 34 program prioritas yang di dalamnya ada 86 kegiatan prioritas, diturunkan menjadi 151 proyek prioritas, dan selanjutnya dijabarkan menjadi 551 rencana aksi yang dilaksanakan kementerian/lembaga terkait,” ujarnya dalam siaran pers.

Baca juga: Komisi II akan bahas pagu indikatif Sekneg, BPIP dan Seskab
Baca juga: KSP: Instrumen APBN bekerja keras pulihkan ekonomi
Baca juga: KSP terima usulan 14 program pembangunan Pegunungan Bintang Papua
​​​​​​​

Moeldoko memaparkan, pagu anggaran KSP pada 2021 mencapai Rp86,76 miliar. Namun sesuai dengan Surat Kemensesneg No B 22 pada 14 Januari 2021 tentang refocussing dan realokasi anggaran belanja, alokasi anggaran KSP mendapat penghematan Rp78,04 juta. Sehingga anggaran KSP setelah penghematan tersebut menjadi Rp86,68 miliar.

Dari jumlah itu, Moeldoko menyampaikan, hingga 25 Mei 2021 KSP telah merealisasikan anggaran Rp34,37 miliar atau 39,6 persen dari alokasi.

Adapun realisasi anggaran tersebut dimanfaatkan guna mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi KSP.

Selain yang disebutkan sebelumnya, KSP juga telah melakukan pengelolaan strategi komunikasi politik dan publik untuk mendukung pengendalian program prioritas dan pengelolaan isu strategis, mulai dari komunikasi politik berupa penjaringan aspirasi publik melalui KSP Mendengar, penyusunan weekly monitoring dan menerima audiensi dari berbagai pemangku kepentingan.

Ada juga diseminasi informasi melalui penyusunan strategi komunikasi dan diseminasi program prioritas nasional serta isu strategis.

Dia mengatakan analisis dan mitigasi isu strategis, penyusunan daily dan weekly briefing untuk Presiden dan Wapres, weekly issues, agenda setting, dan orkestrasi seluruh humas kementerian/lembaga yang diturunkan menjadi aneka produk di antaranya rilis media, video, flyer, hingga konten sosial media yang sesuai dengan bidang seluruh deputi KSP.

“Pengelolaan isu strategis bersama dengan kementerian/lembaga sampai dengan Mei 2021 sudah mencapai 201 isu strategis dan 38 isu di antaranya telah diselesaikan,” jelas Moeldoko.

Sementara itu, sesuai dengan surat Sekretaris Negara No B09 KSN/S/PL/002/05 Tahun 2021 tanggal 11 Mei 2021, tentang pagu indikatif unit organisasi atau satuan tahun anggaran 2022, KSP pada 2022 mendapat pagu Rp103,96 miliar.

“Dengan pagu indikatif tersebut, KSP merencanakan untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi pengelolaan 34 program prioritas nasional, pengelolaan delapan strategi komunikasi politik, 20 bidang diseminasi informasi, dan pengelolaan 240 isu strategis,” tutur Moeldoko.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Moeldoko putuskan akan laporkan ICW ke polisi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar