SATU Indonesia Awards Astra ajak generasi muda manfaatkan teknologi

SATU Indonesia Awards Astra ajak generasi muda manfaatkan teknologi

Logo ajang penghargaan PT Astra International "SATU Indonesia Awards 2021". ANTARA/HO-Astra International.

Di tengah keterbatasan mobilitas akibat pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung sejak tahun lalu, teknologi mampu hadir sebagai jembatan penghubung antarmanusia untuk berkegiatan tanpa mengenal jarak dan waktu
Jakarta (ANTARA) - Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards Astra mengajak generasi muda Indonesia untuk memanfaatkan teknologi sebagai solusi.

"Di tengah keterbatasan mobilitas akibat pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung sejak tahun lalu, teknologi mampu hadir sebagai jembatan penghubung antarmanusia untuk berkegiatan tanpa mengenal jarak dan waktu," ujar Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Menurut Boy, saat berbagai kegiatan tatap muka terpaksa harus berubah menjadi kegiatan tatap layar, tak sedikit yang merasa kaget dan belum siap menghadapi perubahan kondisi ini. Terlebih, transformasi mobilitas ini terjadi dengan sangat cepat dan menuntut siapapun dapat beradaptasi.

"Untuk itu, di tengah tantangan yang ada selalu dibutuhkan secercah asa dari seseorang yang mampu bergerak membawa perubahan dan berkontribusi nyata bagi sekitarnya," kata Boy.

Sebagai salah satu penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2020 kategori khusus, Galih juga menginisiasi pembuatan kanal YouTube Pembelajaran sekolah dasar di Kota Semarang untuk menjawab tantangan yang dihadapi para guru dalam mengajar melalui metode daring.

Saat awal pandemi tahun lalu, dia melihat ada ketidaksiapan sistem pengajaran oleh guruguru karena saat itu para guru lebih banyak memberikan soal daripada menyampaikan materi ajar kepada murid.

Berangkat dari hal tersebut, Galih lantas memutar otak untuk mengatasi persoalan pembelajaran dari rumah yang dialami oleh para guru dan peserta didik. Akhirnya, sebagai salah satu solusi dalam proses mengajar, Galih bersama dengan rekan-rekan seprofesinya memelopori pembuatan satu kanal di YouTube yang memuat berbagai video pembelajaran dengan konsep tematik yang menarik untuk peserta didik.

“Materi yang disampaikan beragam mulai dari pelajaran matematika, bahasa, agama, olahraga, dan lain sebagainya yang dibagi berdasarkan kelas, tema, dan subtema pembelajaran masing-masing. Seluruh video pembelajaran ini juga disusun menggunakan pendekatan tematik,” ujar Galih.

Pakar teknologi informasi yang juga merupakan juri 12th SATU Indonesia Awards 2021, Onno W. Purbo memberikan apresiasi kepada generasi muda tersebut.

“Saya salut dengan mereka yang mau bergerak lebih apalagi untuk masyarakat di masa pandemi ini karena banyak dari kita di masa pandemi ini yang tidak punya semangat itu. Saya harap dengan adanya SATU Indonesia Awards ke-12 bisa melahirkan lebih banyak lagi sosok seperti mereka," kata Onno W. Purbo.

Sama seperti tahun sebelumnya, SATU Indonesia Awards menjaring anak muda di seluruh penjuru Indonesia yang tak kenal lelah memberikan manfaat bagi sekitarnya. Apresiasi diberikan kepada lima anak bangsa atas setiap perjuangan di bidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, Teknologi serta satu kategori kelompok yang mewakili ke lima bidang tersebut. Pada tahun ini, Astra kembali memberikan tambahan kategori apresiasi khusus pejuang tanpa pamrih di masa pandemi.

Bekerjasama dengan Tempo, Antara, Kumparan, IDN Times, dan Young On Top, 12th SATU Indonesia Awards 2021 berharap dapat menjaring lebih dari 10.000 pendaftar dengan target 80 persen dari pendaftar yang lolos pada seleksi administrasi tahap awal.

Baca juga: SATU Indonesia Awards dukung generasi muda tingkatkan kesehatan bangsa
Baca juga: Astra bukukan laba Rp14,5 triliun, naik moderat
Baca juga: Astra International terus cermati peluang investasi di ekonomi digital

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pentingnya membangun sikap mental wirausaha bagi generasi muda

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar