Tenis

Nadal akan rayakan pesta ulang tahun di French Open tanpa tamu

Nadal akan rayakan pesta ulang tahun di French Open tanpa tamu

Petenis asal Spanyol Rafael Nadal menaklukkan wakil Australia Alexei Popyrin dengan skor 6-3, 6-3, 7(7)-6(3) pada putaran pertama French Open yang digelar di Paris, Prancis, Selasa (1/6/2021). ANTARA/REUTERS/Gonzalo Fuentes/aa.

Jakarta (ANTARA) - Rafael Nadal akan merayakan ulang tahunnya yang ke-35 saat berlangsungnya gelaran French Open, Kamis, dengan menghadapi Richard Gasquet, pemain yang pertama kali ditemuinya ketika dia baru berusia 12 tahun, AFP melaporkan.

Nadal dijadwalkan bertanding pada sesi malam, yang berarti pesta ulang tahunnya akan batal digelar karena pertandingan bentrok dengan aturan jam malam COVID-19, pukul 21.00, dan larangan penonton.

Petenis Prancis Gasquet memenangkan pertandingan junior pertamanya melawan Nadal dalam turnamen Petits As di Prancis pada 1999.

Di ATP Tour, Nadal telah memonopoli catatan head-to-head mereka dan memimpin 16-0. Rekor itu termasuk dua pertemuan di Roland Garros pada 2005 dan 2018. 

"Tak banyak lagi French Open yang tersisa untuk saya mainkan, jadi saya ingin memanfaatkannya sebaik mungkin," kata Gasquet yang melakukan debutnya di turnamen itu pada 2002.

Prestasi terbaiknya adalah pada 2016 ketika dia kalah di perempat final dari Andy Murray. 

Baca juga: Medvedev habiskan dua jam menuju babak ketiga perdana French Open 
Baca juga: Serena hadapi rekan senegara pada babak ketiga French Open 


Sementara itu, petenis peringkat tiga dunia Nadal, yang mengincar gelar French Open ke-14 dan rekor gelar Grand Slam ke-21, adalah teman dekat Gasquet.

Dia secara terbuka mendukung pria Prancis itu ketika dia diberi larangan singkat pada 2009 karena positif menggunakan kokain, dan secara tidak sengaja menelannya setelah mencium seorang wanita di klub malam Miami.

Nadal mencapai putaran kedua Roland Garros tahun ini berkat kemenangan straight set atas Alexei Popyrin dari Australia dan kini telah memenangkan 26 set berturut-turut di turnamen tersebut.

Roger Federer, yang juga memegang 20 gelar juara Grand Slam, memperbarui persaingannya dengan Marin Cilic untuk memperebutkan satu tempat di babak 32 besar.

Bintang Swiss itu memimpin head-to-head 9-1 mereka dengan satu-satunya kemenangan Cilic di semifinal US Open 2014, ketika ia kemudian menyabet satu-satunya gelar Grand Slam. 

Federer, juara French Open 2009, melaju ke putaran kedua dengan kemenangan dua set langsung melawan petenis asal Uzbekistan Denis Istomin.

Itu adalah kemenangan keduanya dalam tur tenis 2021. Kemenangan pertamanya pada turnamen besar ia alami setelah kalah dari Novak Djokovic di semifinal Australian Open 2020.

Dia juga masih berusaha pulih total setelah menjalani dua kali operasi lutut tahun lalu.

Baca juga: Zverev juga maju ke babak ketiga French Open 
Baca juga: Azarenka hentikan remaja Denmark maju ke babak ketiga French 


Lebih lanjut, unggulan teratas sekaligus pemeringkat satu dunia Novak Djokovic juga akan beraksi, Kamis, dalam pertarungan menghadapi Pablo Cuevas dari Uruguay.

Djokovic, juara French Open 2016, tengah berusaha menjadi pria pertama dalam lebih dari setengah abad yang memenangkan keempat Slam lebih dari satu kali.

Sementara itu, unggulan putri Ashleigh Barty akan menghadapi Magda Linette dari Polandia untuk memperebutkan satu tempat di babak 32 besar.

Setelah mengalami cedera pinggul kiri saat meraih kemenangan pada putaran pembuka Roland Garros, juara French Open 2019 itu mengaku "tidak bisa bermain 100 persen".

Di sisi lain, penerus Barty sebagai juara, Iga Swiatek, dijadwalkan akan menghadapi Rebecca Peterson dari Swedia. 

Baca juga: Venus-Gauff langsung tersingkir pada babak pertama French Open 
Baca juga: Tsitsipas ke babak ketiga French Open usai singkirkan Martinez 

 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar